Perwakilan Sekretariat Bersama (Sekber) Karyawan PT Garuda Indonesia mendatangi kantor Fraksi Partai NasDem DPR RI di Gedung Nusantara I, kompleks parlemen, Jakarta, Jumat (18/6/2021).

Perwakilan karyawan datang ke kantor fraksi parpol yang dipimpin Surya Paloh itu demi mengeluhkan kondisi PT Garuda Indonesia Terlebih lagi, Sekber Karyawan mendengar ada opsi melikuidasi PT Garuda Indonesia untuk menyelesaikan permasalahan di perusahaan pelat merah tersebut.

Hal itu dikatakan seorang perwakilan Sekber Karyawan PT Garuda Indonesia saat menggelar pertemuan dengan beberapa legislator Fraksi Partai NasDem. "Saya sedih dengan statement yang mau dibangkrutkan, mau dilikuidasi, dan menyalahkan kondisi masa lalu," kata seorang perwakilan Sekber Karyawan PT Garuda Indonesia, dikutip dari JPNN.

Menurut seorang perwakilan itu, pemerintah seharusnya tidak berpikir soal bisnis dalam menyelesaikan permasalahan di PT Garuda Indonesia. "Kalau kami mendorong bagaimana melihat Garuda ini dari statusnya aset bangsa. Berikutnya yang kami ingatkan bahwa Garuda ada karena ada pengorbanan masyarakat," beber dia.

Perwakilan Sekber Karyawan PT Garuda Indonesia pun mendorong pemerintah bisa membuat kebijakan strategis demi menyelematkan perusahaan yang dipimpin Direktur Utama Irfan Setiaputra itu.

Misalnya, pemerintah melakukan review ulang terhadap regulasi tentang rute penerbangan yang bisa menyelamatkan PT Garuda Indonesia. "Contoh Australia bagaimana mereka memproteksi flag carrier-nya. Ini yang kira-kira kami harapkan," bebernya.

Adapun perwakilan Sekber Karyawan PT Garuda Indonesia ini ditemui secara tatap muka oleh politikus NasDem Nyat Kadir. Wakil Ketua Komisi VI DPR Martin Manurung berbicara dengan perwakilan Sekber Karyawan PT Garuda Indonesia secara daring.