Penunjukan Luhut merupakan bagian dari strategi Jokowi untuk mencekal menteri-menteri yang berpotensi maju di Pilpres 2024 mendatang

Pakar politik dan hukum Universitas Nasional (Unas), Saiful Anam mengatakan, ada maksud khusus dibalik keputusan Presiden Joko Widodo menunjuk Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Manives) Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Koordinator Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Menurutnya penunjukan Luhut merupakan bagian dari strategi Jokowi untuk mencekal menteri-menteri yang berpotensi maju di Pilpres 2024 mendatang.

“Seperti misalnya Prabowo, Tito Karnavian, dan Mahfud MD," ujar Saiful seperti dilansir Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (9/7).

Saiful menduga, Jokowi bersama Luhut sedang membangun kekuatan baru di luar partai politik (parpol) untuk Pilpres 2024 mendatang.

"Karena saya lihat Jokowi dan Luhut bisa jadi sedang membangun kekuatan baru di luar parpol untuk dapat menentukan dalam siapa yang akan maju di kontestasi Pilpres 2024 mendatang," pungkas Saiful.