Mantan Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono muncul dalam film fiksi ilmiah The Tomorrow War.  Kemunculan SBY di film Hollywood itu meski hanya sekilas, tapi sempat menjadi pembicaraan ramai di media sosial.

Mantan Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY muncul dalam film fiksi ilmiah The Tomorrow War dengan pemeran utama Chris Pratt. 

Kemunculan SBY di film Hollywood produksi Skydance Media tersebut, meski hanya sekilas, namun sempat menjadi pembicaraan ramai di media sosial.

Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng sempat mengunggah foto SBY berdampingan dengan Chris Pratt pemeran utama film tersebut. 

“Yang menarik, peristiwa kesepakatan pemimpin dunia dalam film itu terjadi di tahun 2022. Dan salah satu pemimpin dunia yang tampak adalah Presiden SBY,” tulis Andi di akun Instagramnya, Jumat (16/721).

“Tentu saja,” lanjut Andi, “(SBY) dianggap mewakili negara-negara Asia. Walaupun selintas, Presiden SBY tampak bersalaman dengan pemimpin dunia lainnya dalam film itu.” 

Terkait kemunculan mertua Annisa Pohan di film itu, Andi menduga, kemungkinan, karena sang sutradara terkesan dengan sosok SBY. Dus, perlu digarisbawahi, bahwa film tersebut hanyalah film fiksi bukan documenter ilmiah.

"Tapi yang namanya film SciFi, tetaplah sebuah fiksi, produk seni, bukanlah film dokumenter. Mungkin karena sang sutradara terkesan dengan sosok Pak SBY ketika menjabat sebagai Presiden," katanya.

Beberapa netizen pun memenuhi kolom komentar postingan Andi Mallarangeng itu.

"Presiden RI setelah Pak Harto yang punya soft skill kelas dunia," tulis netizen.

"Memang pak SBY the best dah," sanjung netizen lain.

Film yang bakal rilis pada tanggal 21 Juli 2021 di Indonesia ini berkisah tentang perang melawan alien di tahun 2051 dan upaya penjelajahan waktu ke 30 tahun sebelumnya untuk merekrut pejuang umat manusia guna melawan alien. 

Diceritakan dalam film ini para pemimpin dunia sepakat mengirim tentara ke masa depan.

Film The Tomorrow War pertama kali rilis secara eksklusif di saluran Amazon Prime Video, 2 Juli 2021. Di minggu pertama pemutarannya, film ini sempat bertengger di urutan pertama di seluruh platform streaming di Amerika Serikat. 

Bahkan, menurut Entertainment Weekly, 8 Juli 2021, Amazon dan Skydance sudah mempersiapkan sekuel dari film yang disutradarai oleh Chris McKay ini.