Mungkin sudah banyak yang lupa soal foto Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (SMI) mengayuh sepeda lipat kelas atas, Brompton. Ternyata dia pernah dibikin malu masalah ini.

Tak sedang bercanda, Sri Mulyani Indrawati, menyinggung soal beredarnya foto viral yang memperlihatkannya sedang naik sepeda lipat bermerek Brompton.

Foto tersebut diambil saat perayaan Hari Oeang yang diadakan oleh Kementerian Keuangan pada 2017. Alhasi, Sri Mulyani banyak mendapat kritik.  Apalagi, sebelum menggelar konferensi pers bersama Menteri BUMN Erick Thohir soal kasus penyelundupan yang dilakukan oleh Dirut Garuda Indonesia I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra, Sri Mulyani menanyakan seperti apa rasanya menaiki sepeda seharga Rp50 juta. "Ini sepeda harga Rp50 juta bisa bagaimana rasanya?" canda Sri Mulyani dihadapan awak media kala itu.

Terkait insiden itu, Sri Mulyani mengatakan bahwa dia tidak tahu bahwa sepeda yang digunakannya adalah Brompton. Ia pun mengaku pusing karena foto viral tersebut. "Itu kalian buat saya pusing, aku tidak tahu kalau itu namanya Brompton," kata Sri Mulyani saat berdialog dengan pegawai Kemenkeu dalam acara Puncak Perayaan Hari Jadi ke-76 Sekretariat Jenderal pada Kamis malam (2/9/2021).

"Itu saya malu banget, aturan kalian jagain menterinya atuh," sambung mantan direktur pelaksana World Bank itu, sambil bergurau, dikutip dari liputan6.com.

Sejatinya, Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan, Nufransa Wira Sakti, sudah pernah memberikan klarifikasi. Dia bilang, foto tersebut diambil pada acara Sepeda Santai dalam rangkaian Hari Oeang Republik Indonesia (HORI) tahun 2017. "Kedua sepeda tersebut tidak dimiliki oleh Menteri Keuangan dan suami, namun disediakan oleh panitia HORI 2017," jelas dia seperti dikutip dari laman facebook resmi Nufransa Wira Sakti, Minggu (8/12/2019).