Sebanyak 6 perempuan muda yang lolos seleksi berkesempatan menjadi Menteri BUMN dalam satu hari.

Kursi Erick Thohir sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bakal diambil alih oleh salah satu perempuan muda, pada Kamis (30/9/2021). Ini merupakan bagian dari program kampanye #GirlsTakeOver 2021.

Sebanyak 6 perempuan muda yang lolos seleksi berkesempatan menjadi Menteri BUMN dalam satu hari. Erick menyampaikan, sejumlah syarat untuk bisa mengisi posisinya.

Sambil berkelakar, mantan pemilik Inter Milan itu mengatakan, syaratnya adalah lari keliling Monas dan berjemur di bawah matahari. Alasannya, perlu kondisi fisik yang kuat dan tahan akan panas.

"Nanti saya minta, hari ini keliling Monas 10 kali, karena jadi Menteri itu perlu kekuatan fisik, apalagi Sabtu-Minggu juga kerja. Lalu dijemur di (bawah) matahari karena (jadi Menteri BUMN) harus tahan panas, sebab kursi menteri itu kursi panas. Enggak, ini bercanda," ujarnya dalam konferensi pers Girls Take Over yang digelar di Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (27/9/2021).

Adapun keenam perempuan tersebut yakni Adinda (20) dari Jawa Tengah, Arum (23) dari Sulawesi Selatan, Putri (21) dari Jawa Barat, Sharon (24) dari Jawa Barat, Sisilia (22) dari Nusa Tenggara Timur, dan Virdha (23) dari Jawa Tengah.

Erick mengatakan, kepemimpinan perempuan menjadi hal penting untuk hadir di lingkungan Kementerian BUMN, bahkan dirinya menargetkan porsi pemimpin perempuan di kementeriannya bisa mencapai 15 persen.

Oleh sebab itu, program #GirlsTakeOver 2021 menjadi salah satu upaya untuk mendukung kepemimpinan perempuan, terutama pemimpin muda. Ia bilang, di negara lain sudah banyak pemimpin muda perempuan.

Erick menjelaskan, bagi perempuan muda yang terpilih menggantikannya, ia akan memberikan tips-tips agar peserta tak merasa tertekan saat menjadi pemimpin di lingkungan BUMN.

"Kita juga akan lakukan beberapa paparan dan turun ke bawah melihat beberapa program yang sudah berjalan di Kementerian BUMN, siapa tahu ada masukan untuk perbaikan," katanya.

Selain akan mengambil alih posisi Menteri BUMN, para perempuan muda itu berkesempatan untuk mengisi posisi direktur utama di lima BUMN yaitu Angkasa Pura I, Bank Rakyat Indonesia (BRI), Kimia Farma, Bank Mandiri, dan Telkomsel.

Nantinya mereka akan mendapatkan mentoring dan melakukan shadowing dengan Menteri BUMN serta Wakil Menteri BUMN selama dua hari di Jakarta, pada 27-28 September 2021.

Setelah itu, proses "pengambilalihan" posisi Menteri BUMN dan pemimpin perusahaan BUMN lainnya akan dilakukan pada 30 September dan 1 Oktober 2021.

Para perempuan muda tersebut akan mengambil alih jabatan penting pada Kamis (30/9/2021) hingga Jumat (1/10/2021).