Presiden Joko Widodo menegaskan kesiapan untuk memulai hidup berdampingan bersama pandemi Covid-19.

Presiden Joko Widodo menegaskan kesiapan untuk memulai hidup berdampingan bersama pandemi Covid-19. Sebab, wabah tersebut tidak akan hilang dari muka bumi.

Hal tersebut dikemukakan Jokowi dalam unggahan Instagram resminya @jokowi, seperti dikutip CNBC Indonesia, Senin (27/9/2021).

"Kini, kita bersiap untuk hidup berdampingan dengan Covid-19 dan menyambut pandemi ini sebagai endemi karena Covid-19 takkan hilang dari muka bumi dalam waktu yang lama," katanya.

"Tetaplah waspada dan jangan pernah lengah. Covid-19 tetap mengintai di sekitar kita," jelasnya.

Presiden ke-7 RI ini memandang, selama satu setengah tahun dalam belenggu pandemi Covid-19, kondisi Indonesia semakin membaik dalam beberapa pekan ke belakang.

"Rumah-rumah sakit tak lagi disesaki pasien Covid-19, pusat isolasi mandiri di berbagai kota di tanah air mulai melonggar," katanya.

Dalam beberapa pekan terakhir, Jokowi mengatakan status pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di berbagai daerah sudah turun.

Adapun pusat perbelanjaan, rumah ibadah, tempat wisata pun sudah dibuka. Selain itu, kegiatan belajar mengajar secara tatap muka juga sudah dilakukan kendati secara terbatas.

"Tentu ini berkat penerapan PPKM, vaksinasi massal, serta kesadaran masyarakat menjalankan protokol kesehatan," katanya.