Total pasukan gabungan yang akan diterjunkan ada sebanyak 21.268 personel. Pasukan yang dikerahkan itu akan difokuskan untuk antisipasi gangguan Kamtibmas di sejumlah tempat penyelenggaraan PON ke-XX di Papua. 

Ribuan personel gabungan TNI-Polri akan diterjunkan untuk melakukan pengamanan penyelenggaraan PON ke-XX di Papua. Hal itu menyusul rencana kunjungan Presiden Joko Widodo saat pembukaan acara tersebut pada Sabtu (2/10/2021) mendatang. 

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, total pasukan gabungan yang akan diterjunkan ada sebanyak 21.268 personel. Pasukan yang dikerahkan itu akan difokuskan untuk antisipasi gangguan Kamtibmas di sejumlah tempat penyelenggaraan PON ke-XX di Papua. 

"Laksanakan betul pengamanan. Apalagi pada saat 2 Oktober nanti Pak Presiden datang dan kemudian laksanakan Open Ceremony, ini menjadi catatan yang harus kami laksanakan," tutur Sigit dalam keterangan resminya di Jakarta, Rabu (29/9/2021). 

Dengan upaya yang dilakukan itu, diharapkan dapat memberikan rasa aman tidak hanya kepada Presiden Jokowi, tetapi juga ke seluruh kontingen. "Ketakutan ini yang tidak boleh terjadi," katanya.