Selaku inspektur upacara, Jokowi juga melakukan pemeriksaan pasukan dengan didampingi oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Presiden Joko Widodo menetapkan 3.103 orang anggota Komponen Cadangan (Komcad) tahun anggaran 2021. Presiden memimpin langsung upacara Penetapan Komcad 2021 di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pasukan Khusus (Pusdiklatpassus) Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (7/10/2021). 

"Pada hari ini, Kamis tanggal 7 Oktober 2021, pembentukan Komponen Cadangan Tahun 2021 secara resmi saya nyatakan ditetapkan," kata Jokowi sebagaimana disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (7/9/2021). 

Selaku inspektur upacara, Jokowi juga melakukan pemeriksaan pasukan dengan didampingi oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Momen ini bermula saat Jokowi turun podium dan bergegas menaiki jip. Prabowo pun mengikuti di belakang Jokowi. Kemudian, keduanya berdiri tegap di atas jip yang dikendarai prajurit perempuan.

Mobil itu pun berkeliling dari ujung ke ujung barisan pasukan Komcad. Jokowi dan Prabowo terlihat memantau kesiapan para prajurit didikan TNI itu. Setelah satu putaran, jip kembali ke depan podium. Jokowi pun kembali ke mimbar inspektur upacara. Sementara itu, Prabowo bersiaga tepat di belakang Jokowi.

Upacara Penetapan Komponen Cadangan (Komcad) di Pusdiklatpassus, Bandung, Jawa Barat ini mengundang banyak perhatian. Apa itu Komponen Cadangan? Apa saja syarat untuk menjadi Komcad? Apa yang akan didapatkan jika menjadi anggota Komcad? Untuk mengetahui selengkapnya, simak ulasannya berikut ini.

Apa Itu Komponen Cadangan: Ini Maknanya

Dikutip dari laman website resmi Kementerian Pertahanan RI, Komponen Cadangan (Komcad) adalah sejumlah sumber daya nasional yang disiapkan untuk menjalankan tugas negara melalui mobilisasi guna memperkuat kekuatan dan kemampuan komponen utama pertahanan negara, yakni Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Apakah Komcad sama seperti wajib militer?

Jawabannya tidak sama. Komcad bukan program wajib militer. Komcad merupakan salah satu program sukarela (tidak wajib) yang diamanatkan oleh presiden melalui UU Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara.

Dalam UU Nomor 23 Tahun 2019 itu dijelaskan, bahwa Komcad terbagi dalam 4 bagian, antara lain:

- Komcad Sumber Daya Manusia
- Komcad Sumber Daya Alam
- Komcad Sumber Daya Buatan
- Komcad Sarana dan Prasarana
- Semua komponen tersebut disiapkan untuk dapat dimanfaatkan ketika negara dalam kondisi darurat seperti ancaman perang atau bencana alam.

Apa Itu Komponen Cadangan: Syarat Pendaftaran

Masih dikutip dari laman website resmi Kementerian Pertahanan RI, berikut ini syarat pendaftaran untuk bisa menjadi anggota Komcad.

- Warga Negara Indonesia usia 18 - 35 tahun dengan latar belakang apa pun
- Harus lulus seleksi TNI terlebih dahulu
- Kemudian, setelah itu akan mengikuti pelatihan militer selama 3 bulan di pusat-pusat pelatihan TNI, baik itu TNI AD, AL, maupun AU.

Apa Itu Komponen Cadangan dan Kenapa Ada Perekrutan?

Perekrutan Komcad dilakukan karena negara mempersiapkan cadangan SDM yang terlatih untuk membantu komponen utama (TNI). Ketika suatu saat ada bencana atau ancaman perang, Komcad sudah siap dan terlatih.

Apa Itu Komponen Cadangan: Urgensi Komcad

Urgensi atau alasan kenapa Komcad ini dibentuk adalah untuk meneruskan doktrin pertahanan rakyat yang diwariskan oleh para tokoh pendahulu. Komcad ini akan terus diimplementasikan dengan baik sekarang dan di kemudian hari.

Negara besar lain melakukan hal yang sama, contohnya seperti Amerika melalui garda nasionalnya, Singapura juga demikian, bahkan jumlahnya lebih besar. Selain itu, jika melihat negara kita yang semakin terancam lingkungan strategisnya, terancam kedaulatan NKRI-nya dan nirmiliternya, maka Komcad perlu dipersiapkan dengan baik agar negara bisa mengatasinya dengan maksimal ketika negara dalam keadaan darurat.

Apa Itu Komponen Cadangan: Bagaimana dengan Alutsista dan Profesionalisme TNI?

Untuk alutsista dan profesionalisme TNI akan terus diperkuat dan dimodernisasi oleh Kementerian Pertahanan RI. Komcad itu beda lagi, tujuannya untuk memperkuat dan memperbesar kekuatan komponen utama (TNI). Komcad sebagai paket pelengkap dengan SDM yang sudah terorganisasi dengan baik.

Apa Itu Komponen Cadangan: Langkah Selanjutnya Setelah Pelatihan Militer

Jika para pendaftar sudah dinyatakan lulus dan resmi menjadi anggota Komcad, mereka akan kembali lagi profesinya masing-masing, yakni warga sipil.
TNI akan memanggil kembali para anggota Komcad untuk melakukan penyegaran dan pelatihan untuk memastikan kondisi tubuh dan kemampuannya masih terjaga. Kemudian, nanti jika ada kondisi darurat, seperti perang atau bencana alam, mereka akan dipanggil oleh presiden melalui DPR.

Hak menjadi Komcad 

Anggota Komcad memiliki sejumlah hak yang melekat pada dirinya, meliputi: 
- Uang saku selama menjalani pelatihan 
- Tunjangan operasi pada saat mobilisasi 
- Perawatan kesehatan 
- Pelindungan jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian 
- Penghargaan 

Kapan Komcad berakhir? 

Komcad akan berakhir antara lain jika: 
- Telah menjalani masa pengabdian sampai dengan usia 48 tahun 
- Sakit yang menyebabkan tidak dapat melanjutkan sebagai Komcad 
- Gugur, tewas, atau meninggal dunia 
- Tidak ada kepastian atas dirinya, setelah 6 bulan sejak dinyatakan hilang dalam tugas sebagai Komcad. 

Komcad akan berhenti tidak hormat jika: 

Menganut, mengembangkan, serta menyebarkan ajaran atau paham yang bertentangan dengan Pancasila 
- Menjadi anggota dalam organisasi terlarang berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap dan/atau peraturan perundang-undangan 
- Melakukan tindakan yang dapat mengancam atau membahayakan keamanan dan keselamatan negara dan bangsa 
- Mempunyai tabiat dan/atau perbuatan yang nyatanyata dapat merugikan disiplin Dijatuhi pidana penjara dengan hukuman di atas 1 (satu) tahun berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.

Apa Itu Komponen Cadangan: Jumlah Anggota

Dalam upacara penetapan Komcad, Menhan Prabowo Subianto juga melaporkan mengenai tahapan pendaftaran hingga pelatihan militer anggota Komcad. Prabowo menyebut ada 3.103 orang yang hari ini ditetapkan Jokowi sebagai anggota Komcad 2021.

Prabowo juga mengatakan tahapan pembentukan Komcad dimulai sejak pendaftaran 17-31 Mei 2021, seleksi 1-17 Juni 2021, latihan dasar kemiliteran 21 Juni-18 September 2021, penetapan peserta 7 Oktober 2021. Anggota Komcad berjumlah 3.103 orang.

"Komponen Cadangan sejumlah 3.103 orang, terdiri dari Rindam Jaya 500 orang, Rindam III Siliwangi 500 orang, Rindam IV Dipenogoro 500 orang, Rindam V Brawijaya 500 orang, Rindam XII Tanjungpura 499 orang, Universitas Pertahanan 604 orang," kata Prabowo.