Siti Nadia memaparkan, upaya penanggulangan pandemi dikelompokan dalam lima pilar utama

Pemerintah mengimbau masyarakat untuk mengurangi mobilitas menjelang libur Natal dan tahun baru (Nataru). Hal ini dilakukan sebagai upaya pencegahan terjadinya kembali lonjakan kasus Corona Virus Desease 2019 atau COVID-19 di tanah air.

Jurubicara Kementerian Kesehatan, dr. Siti Nadia Tarmidzi mengatakan, saat ini pemerintah terus berupaya untuk mempertahankan rendahnya kasus positif COVID-19.

"Upaya ini akan efektif jika masyarakat patuh, taat dan disiplin terapkan protokol kesehatan, termasuk mengurangi mobilitas dan berpartisipasi dalam vaksinasi COVID-19," katanya dalam webinar yang digelar KG Radio Network bersama Kemenkes, Selasa (16/11/2021).

Siti Nadia memaparkan, upaya penanggulangan pandemi dikelompokan dalam lima pilar utama.

Pertama deteksi, dilakukan melalui penguatan testing, tracing, karantina/isolasi. Kedua, manejemen klinis dilakukan tetelaksana kasus sesuai perkembangan ilmu pengetahuan termasuk potensi obat baru dan persiapan kapasitas rumah sakit serta fasilitas kesehatan lainya.

Ketiga, perubahan perilaku yang dilakukan melalui protokol kesehatan.Keempat peningkatan cakupan vaksinasi.

Kelima penguatan sistem kesehatan untuk menjaga keberlangsungan pelayanan kesehatan esensial dan memnuhi standar protokol kesehatan.

"Situasi pandemi yang sudah membaik harus kita pertahankan. Memastikan mobilitas tidak meningkat secara tajam agar laju penularan juga tidak meningkat. Semakin disiplin terapkan protokol kesehatan dan terus meningkatkan cakupan vaksinasi," tandas Siti Nadia Tarmidzi.