Utang Sjamsul yang ditagih Satgas BLBI sebesar Rp 470,65 miliar. Dengan pembayaran Rp 150 miliar maka Syamsul masih memiliki kewajiban utang ke negara.

Satgas BLBI memastikan terus menagih utang para obligor dan debitor BLBI agar memenuhi kewajibannya.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan sekaligus Ketua Dewan Pengarah Satgas BLBI Mahfud MD menyatakan satu lagi obligor BLBI memenuhi kewajiban membayar utangnya kepada negara. 

"Obligor Sjamsul Nursalim dari Bank Dewa Rutji pada 11, 17, dan 18 November 2021 telah melakukan pembayaran sebagian kewajibannya dengan nilai sebesar Rp 150 miliar, termasuk biaya administrasi pengurusan piutang negara sebesar 10 persen," ujar Mahfud pada konferensi pers daring, Senin (22/11/2021). Turut hadir Ketua Satgas BLBI Rionald Silaban. 

Berdasarkan catatan jika, utang Sjamsul yang ditagih Satgas BLBI sebesar Rp 470,65 miliar. Dengan pembayaran Rp 150 miliar maka Syamsul masih memiliki kewajiban utang ke negara.

Mahfud menegaskan jika pemerintah melalui satgas terus menerus mengingatkan obligor dan debitor baik melalui surat atau pernyataan terbuka untuk memenuhi kewajiban utang kepada pemerintah.

Bagi yang bersedia membayarnya, Mahfud menyatakan apresiasinya. 

"Sejumlah obligor dan debitor sudah penuhi panggil satgas dan menyatakan akan melunasi utangnya, juga kepada obligor dan debitor yang sudah menunjukkan itikad baik dengan melakukan pembayaran sebagian kewajibannya," jelas dia.