Sahroni yang berasal dari keluarga sederhana dan bahkan pernah menjadi tukang semir sepatu di Jakarta bagian utara. Hal itu ia lakukan untuk membantu mengurangi beban keluarga

Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan melalui PT Jakarta Propertindo (Jakpro) menunjuk Sekjen Ikatan Motor Indonesia (IMI), Ahmad Sahroni sebagai Ketua Pelaksana event balap mobil listrik internasional Formula E atau Jakarta E-Prix. 

Disebutkan, saat pelaksanaannya, Sahroni akan dibantu oleh Ketua Umum IMI yang saat ini juga menjabat sebagai Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) yang menjadi Ketua Panitia Pengarah Jakarta E-Prix. 

Keputusan tersebut diungkapkan Anies setelah pertemuan antara Co-founder Formula E, Alberto Longo; Direktur Utama PT Jakpro, Widi Amanasto; Ketua Umum IMI, Bambang Soesatyo; dan Sekjen IMI, Ahmad Sahroni di sebuah rumah makan di daerah Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (24/11/2021), sebelum IMI, PT Jakpro, dan Formula E Operation (FEO) menyelenggarakan konferensi pers.

Ahmad Sahroni mengaku merasa terhormat dengan penunjukkan tersebut. Politisi Partai NasDem itu berharap, pergelaran Formula E bisa membantu mengangkat nama Indonesia di kancah otomotif internasional. 

“Saya merasa terhormat. Semoga passion dan pengalaman saya di dunia otomotif selama ini bisa membantu mengangkat nama Indonesia melalui event penting ini," kata Sahroni dalam keterangan tertulis, Jumat (26/11/2021). 

"Karena ini semua demi kebanggaan dan masa depan Indonesia. Ajang balap Formula E bukan hanya sebagai tontonan layaknya Formula 1 atau Superbike,” sambung Sahroni.

Dijelaskannya juga, ajang Formula E adalah kampanye untuk menunjukkan pada dunia internasional bahwa Indonesia dengan Ibu Kotanya DKI Jakarta, siap sejajar dengan kota-kota besar di negara lain. 

“Formula E adalah sebuah kampanye. Bukan kampanye politik orang atau partai tertentu. Tapi kampanye Indonesia di mata dunia, bahwa DKI Jakarta telah siap menyambut era modern yang ramah lingkungan, dan setara dengan kota-kota besar di negara maju lainnya seperti New York, London, Berlin, dan lain-lain,” jelasnya.

Sahroni juga menyebut bahwa event Formula E bisa menjadi momentum kebangkitan ekonomi Indonesia dari berbagai skala, baik mikro dan makro. 

Selain itu, penggunaan mobil listrik seluruhnya di Formula E juga bisa menjadi ajang untuk mensosialisasikan industri baterai dalam negeri yang dicita-citakan Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

“Ini adalah momentum untuk kebangkitan politik, sekaligus makin memperkenalkan mobil listrik dan industri baterai dalam negeri kepada masyarakat. Sehingga saya mohon, mari kita kesampingkan prasangka dan kepentingan politik, kita kerja bersama demi suksesnya event ini,” katanya.

Terkait berbagai isu dugaan korupsi seputar event ini, Sahroni menegaskan, dirinya akan melibatkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mengawasi jalannya kegiatan dari awal hingga akhir. 

“Saya akan bawa event ini se-transparan mungkin," kata Wakil Ketua Komisi III DPR ini.

Sekilas tentang Sahroni, dia lahir di Tanjung Priok, Jakarta, pada 8 Agustus 1977. Sahroni yang berasal dari keluarga sederhana dan bahkan pernah menjadi tukang semir sepatu di Jakarta bagian utara. Hal itu ia lakukan untuk membantu mengurangi beban keluarga. Selain itu, Sahroni juga pernah bekerja sebagai sopir selama dua tahun di dua perusahaan berbeda.

Mengutip situs resmi DPR RI, lulusan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pelita Bangsa Bekasi ini berhasil merintis karier hingga kini menjadi wakil rakyat selama dua periode. Saat ini Sahroni menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi III DPR RI Fraksi NasDem.

Karena kegemarannya pada otomotif, Sahroni memiliki koleksi mobil hingga sepeda mewah di tempat tinggalnya. Dilansir TribunJakarta, ia pun dijuluki Crazy Rich Tanjung Priok karena kegemarannya tersebut.

Selain itu, ia menunjukkan kecintaannya pada dunia otomotif dengan aktif di sejumlah klub. Sejak 1997, ia aktif dalam klub-klub mobil bermerek, seperti Escudo, Ferrari, hingga Mclaren.

Pada Februari 2021 lalu, Sahroni masuk dalam jajaran kepengurusan Ikatan Motor Indonesia (IMI) periode 2021-2024 sebagai Sekjen.