Dukungan kepada Kamil dalam bentuk baliho-baliho itu mengarah pada dukungan agar dia menjadi pemimpin baru Indonesia mendatang, di antaranya oleh Relawan Kebangsaan 24, yang digagas Asep Komarudin.

Sejumlah baliho berukuran besar berisi tulisan-tulisan dukungan kepada Ridwan Kamil --gubernur Jawa Barat--  mulai bermunculan di sejumlah daerah di wilayah Jawa Barat. Beberapa tersebar di Tasikmalaya dan Kabupaten Cianjur.

Dukungan kepada Kamil dalam bentuk baliho-baliho itu mengarah pada dukungan agar dia menjadi pemimpin baru Indonesia mendatang, di antaranya oleh Relawan Kebangsaan 24, yang digagas Asep Komarudin.

Komarudin, Selasa, (11/1) mengatakan, Kamil dinilai sosok yang layak memimpin Indonesia dan sebagai sosok pemimpin muda yang berhasil membawa daerah yang dipimpinnya meraih berbagai penghargaan, mulai dari Bandung hingga Provinsi Jawa Barat.

Provinsi ini menjadi salah satu provinsi pendulang suara terbanyak pada semua Pemilu karena jumlah penduduknya yang banyak. 

Ia juga menilai Kamil dengan berbagai torehan prestasinya layak menjadi tokoh muda alternatif pemimpin bangsa yang bisa membawa Indonesia tampil juara dan maju di dunia internasional.

"Relawan Kabangsaan 24 hadir untuk mendukung dan bekerja keras memenangkan Ridwan Kamil pada ajang Pilpres 2024 mendatang. Para relawan ini ingin menorehkan keberhasilan RK di level nasional," kata dia.

Tak hanya itu, Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (PABPDSI) Jawa Barat mendukung atau mendorong Kamil untuk maju atau menjadi calon presiden pada Pemilu 2024.

Wakil Ketua Umum PABPDSI, Supendi, mengatakan, dukungan itu berawal saat Kamil diangkat menjadi Bapak Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Indonesia dalam acara Rapat Kerja Nasional BPD di Gedung Merdeka Bandung, bulan lalu.

Menurut dia, PABPDSI dan BPD dari seluruh Indonesia saat itu menginginkan pola pikir dan gagasan Kamil --latar pendidikan insinyur arsitektur-- dalam membangun desa diterapkan juga di seluruh Indonesia.

Oleh karena itu, kata Supendi, hal inilah yang menjadi pemicu pihaknya mendorong Kamil untuk menjadi calon presiden pada Pemilu 2024.

Salah satu baliho dukungan itu terpasang di Tugu Tauco di Kabupaten Cianjur, di persimpangan Jalan Dr Muwardi dan Jalan HOS Cokroaminoto.

Foto Kamil mengenakan rompi hijau dengan kaus hitam berkacamata hitam terpampang jelas. Di samping foto terdapat tulisan "Emang Sih Roda Dua, Tapi Hati Kita Tak Pernah Mendua Untuk Indonesia". Di bagian kiri bawah baliho tertulis "RK For President 2024".