PT Pertamina (Persero) kembali meraih penghargaan dalam ajang Asian Excellence Award 2021 yang digelar oleh Corporate Governance Asia (Hong Kong).

Pertamina mendapatkan penghargaan untuk 5 (lima) kategori yakni Best CEO Nicke Widyawati, Best CFO Emma Sri Martini, Best Investor Relations Professional Juferson Victor Mangempis, Best Investor Relations by Country, dan Best CSR.

VP Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman mengatakan, penghargaan ini menunjukkan apresiasi terhadap kinerja Pertamina dari aspek pengelolaan perusahaan, kinerja bisnis dan keuangan, tanggung jawab sosial (corporate social responsibility), keberlanjutan, serta hubungan investor.

“Pemberian penghargaan ini melihat dari pencapaian Pertamina tahun 2020 yang mampu bertahan dari tantangan di industri migas, serta kondisi pandemic Covid-19. Kami sangat mengapresiasi penghargaan yang diberikan, penghargaan ini sejalan dengan komitmen kami untuk terus meningkatkan kinerja dan mempersiapkan diri terhadap tantangan global dengan terus melakukan inovasi,” ujar Fajriyah, Jakarta, Sabtu (15/1/2022).

Selain Pertamina, beberapa perusahaan energi Asia lainnya seperti PetroChina Company Ltd, PTT Public Company Ltd, Thai Oil Public Company Ltd, Global Power Synergy Public Company Ltd juga mendapatkan penghargaan dalam ajang Asian Excellence Award 2021.

Fajriyah menambahkan, Pertamina terus berinovasi untuk mencatatkan kinerja terbaik. Salah satunya dengan Pertamina aksi korporasi strategis dengan restrukturisasi, di mana Pertamina menjadi perusahaan induk (holding company) dengan mendelegasikan operasional bisnis kepada subholding supaya operasional Pertamina Group menjadi lebih cepat, efisien, serta meningkatkan kemampuan dan fleksibilitas Group untuk mengejar target nilai pasar US$100 miliar pada tahun 2024.

Asian Excellence Award merupakan ajang penghargaan tahunan terkait Tata Kelola Perusahaan (Good Corporate Governance) yang digelar oleh Corporate Governance Asia, sebuah majalah terkemuka mengenai Lingkungan, Sosial, Tata Kelola Perusahaan, Hubungan Investor, dan Keberlanjutan yang terbit setiap tiga bulan. Majalah ini berdiri sejak tahun 2002 diterbitkan oleh New Initiative Media Ltd dengan estimasi pembaca sebanyak 12.000 yang berasal dari eksekutif di perusahaan Asia, regulator, investor institusi, fund manager, akuntan, akademisi, dan sebagainya.

Pengakuan melalui penghargaan ini menunjukkan bahwa upaya yang dijalankan Pertamina sejalan dengan visi Pertamina dan strategi Kementerian BUMN yang mendorong BUMN Go Global diantaranya dengan memiliki reputasi yang diakui di kancah internasional.