Puan mengarahkan seluruh kader mempersiapkan diri menuju kontestasi Pemilu 2024. Sebab, dia berkalkulasi, gelaran Pemilu tinggal tersisa 2 tahun lagi dari sekarang.

Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani menyambangi kantor DPC PDIP Kabupaten Sukoharjo di sela-sela kunjungan kerjanya di Jawa Tengah. 'Anak emas' PDIP ini memberikan pengarahan kepada jajaran pengurus PAC PDIP se-Kabupaten Sukoharjo, termasuk soal 2024.

Dalam kesempatan itu, Puan mengarahkan seluruh kader mempersiapkan diri menuju kontestasi Pemilu 2024. Sebab, dia berkalkulasi, gelaran Pemilu tinggal tersisa 2 tahun lagi dari sekarang.

"Bapak dan Ibu sekalian, 2024 itu sebentar lagi. Kalau dibilang, 'Masih lama, Mbak, sekarang masih 2022'. Inget, Pemilu 2024 itu mungkin sebelum Lebaran, mungkin setelah Lebaran. Kalau sebelum Lebaran, artinya awal tahun. Lebaran itu bulan Mei, berarti bulan puasa itu awal Mei atau April, sehingga Maret itu udah Pemilu," kata Puan Maharani dalam pengarahannya di Kantor DPC PDIP Sukoharjo, Rabu (19/1/2022).

"Artinya udah tinggal 2 tahun, tok," imbuhnya.

"Kok 104 ribu (perolehan suara Puan di Sukoharjo) doang, sih. Padahal ngarepin-nya lebih. Artinya apa, nanti 2024 harus lebih dari itu. Siap nggak?" ujar Puan yang disambut riuh semangat oleh kader.

Tak hanya itu, dia juga berandai-andai terkait pilihan politiknya pada gelaran pilpres dan pilkada pada 2024. Puan melempar kode kemungkinan tidak maju caleg lagi.

"Mikir juga, sih, 2024 saya masih caleg nggak nih, Mas. Kalau nggak caleg, siapa ya yang bisa dapat suara 104 ribu ya. Pusing, kan, saya juga pusing," ujar Puan dilansir detik.com.

"Ada caleg, anggota DPR, suaranya 400 ribu, wah belum pernah caleg 400 ribu. Baru Puan Maharani aja loh," kata dia, yang diiringi tepuk tangan kader.

Puan juga menyinggung jumlah suara yang berhasil dia raup saat Pemilu 2019 lalu di daerah pemilihan (dapil) Jawa Tengah V, termasuk Kabupaten Sukoharjo. Saat itu dia memperoleh sebanyak 404.034 suara.

Berdasarkan data KPU, jumlah suara milik Puan menjadi perolehan suara terbanyak pada Pemilu 2019. Meski begitu, dia menilai PDIP mampu meningkatkan perolehan jumlah suara pada pemilu mendatang.

Diteriaki Calon Presiden 2024

Puan mengunjungi kantor DPC PDIP Kabupaten Sukoharjo di sela-sela kunjungan kerjanya. Kedatangan Puan kemudian disambut teriakan dan tepuk tangan oleh kader PDIP di sana.

Pantauan detikcom, Rabu (19/1), pukul 16.30 WIB, Puan hadir di lokasi. Terdengar kader meneriakkan deklarasi dukungan kepada Puan Maharani menjadi Presiden pada 2024.

"Siapa calon Presiden kita? Puan Maharani!" teriak kader menyambut kedatangan Puan.

Dalam kegiatan itu, terlihat Puan juga membagikan sembako kepada sejumlah warga dan pemulung di wilayah Sukoharjo.