Gibran menjadi tokoh terkuat yang berpotensi maju menjadi Calon Gubernur Jawa Tengah. 

Ketua DPD PDIP Jawa Tengah, Bambang Wuryanto menanggapi potensi Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka pada Pilkada 2024 menyusul beredarnya survei Pilkada Jawa Tengah.

Diketahui, Gibran menjadi tokoh terkuat yang berpotensi maju menjadi Calon Gubernur Jawa Tengah. "Boleh boleh saja (survei)," kata pria yang biasa disapa Bambang Pacul itu di Solo, Kamis (20/01).

Ketua DPP PDIP Bidang Pemenangan Pemilu tersebut mengatakan, sesuai dengan aturan maka siapa pun boleh mencalonkan, dipilih, maupun memilih pada pelaksanaan pilkada.

"Namun di situ kan ada aturan tambahannya, misalnya UU Pilkada harus didukung minimal 20 persen dari partai maupun gabungan partai, ada yang harus mengumpulkan KTP sekian," katanya.

Ia mengklaim Jawa Tengah sendiri merupakan kandang PDIP. Oleh karena itu, bukan perkara sulit untuk memenangkan calon yang diusung partai berlambang banteng tersebut.

"Tinggal perintah partainya apa, perintah ketua umum tegak lurus. Selama ada rekomendasi dari ketua umum, ya bisa saja. Sama dengan Mas Ganjar (Gubernur Jawa Tengah) dulu, kami ini tegak lurus pada perintah ketua umum," katanya.