alumni SMANTO 170.1 mengukuhkan kepengurusan organisasi alumni

Bertempat di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat (21/01), alumni SMANTO 170.1 mengukuhkan kepengurusan organisasi alumni sekolah yang sekarang bernama SMA Negeri 1 Tondano. Acara dihelat dengan menerapkan prokes ketat.

Dalam acara itu, Irjen Pol. (Pur) Carlo Brix Tewu didapuk sebagai Ketua Organisasi Alumni SMANTO 170.1 masa bakti 2022-2027. Para alumni juga sepakat menunjuk Suriati Masloman sebagai Sekertaris Umum dan Ivonne RM B Kalibonso menjabat sebagai Bendahara Umum.

"Semoga organisasi kita dapat memberi manfaat untuk Tondano, sekolah SMA Negeri 1 dan bangsa, sesuai dengan visi dan misi yang telah kita tentukan bersama," kata Irjen Pol. (Purn) Carlo Brix Tewu dalam sambutannya.

Selain mengukuhkan kepengurusan organisasi alumni, dalam kesempatan  tersebut juga digelar perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

Patut diketahui, kepengurusan Organisasi Alumni SMANTO 170.1 periode 2022-2027 ini telah memiliki Badan Hukum berdasarkan Akta Pendirian Nomor 834 tertanggal 17 juni 2021 dan ditandatangani oleh Notaris Otty Chandra Ubayani, yang beralamat Jakarta Selatan.

Atas dasar itu, setiap anggota wajib nenjalankan amanat sebagaimana Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD-ART).

Berasas Pancasila dan UUD 1945, organisasi mengajak alumni, baik saat masih bernama SMANTO 170.1 hingga berubah nama menjadi SMA NEGERI 1, untuk merajut persatuan dan kesatuan sesama alumni.

Berkontribusi dalam memajukan tanah kelahiran, melestarikan budaya dan seni asli Minahasa dan tidak terlibat dalam politik praktis serta sentimen SARA.

Organisasi Alumni menjunjung tinggi persatuan sesama alumni dan masyarakat Indonesia pada umumnya.

Turut berpartisipasi dalam setiap upaya memajukan wilayah Tondano serta menjadi pelopor dalam merajut keberagaman, dan mengikutsertakan peran alumni dalam setiap upaya pelestarian seni dan budaya asli Minahasa demi kemajuan peradaban berbangsa dan bernegara.

Organisasi Alumni SMANTO 170.1 juga memiliki Yayasan Mapalus dan Koperasi Meketana, keduanya juga memiliki badan hukum, yang selama ini kerap menyelenggarakan kegiatan sosial.

Berbagai aksi sosial telah dilakukan Organisasi Alumni SMANTO 170.1. Baik di bidang kemanusiaan maupun lingkungan. Di antaranya, membagikan Alat Pelindung Diri (APD) di Rumah Sakit DR. Sam Ratulangi, Tondano saat Pandemi COVID-19.

Sementara untuk aksi kepedulian terhadap lingkungan, Alumni SMANTO 170.1 menggelar lomba menanam 3.000 pohon Tabebuya di setiap sudut jalan di Kota Tondano.

Adapun tujuan digelarnya lomba tersebut untuk memperindah,  mempercantik dan sebagai bentuk kecintaan terhadap Kota Tondano.