"Artinya, syarat-syarat dalam hukum pidana itu tidak ditempuh dengan maksimal," ujar Firdaus Oiwobo, kuasa hukum Tiara Marleen.

Kasus gugatan terhadap pedangdut Tiara Marleen yang dilaporkan oleh Emma Waroka ke pihak kepolisian terkait dugaan atas penghinaan terhadap mendiang Vanessa Angel akhirnya dihadapi oleh Tiara Marleen dengan mendatangi Polda Metro Jaya bersama dengan kuasa hukumnya, Firdaus Oiwobo.

Emma Waroka melaporkan Tiara Marleen karena telah memberikan pernyataan bahwa Vanessa Angel telah hamil duluan sebelum menikah dengan Bibi Ardiansyah, dan juga menyebut bahwa Gala Sky bukanlah anak Bibi Andriansyah, dan bahkan bapaknya tidak diketahui siapa.

Kedatangan Tiara Marleen dan kuasa hukumnya tersebut ke Polda Metro Jaya pada hari Jumat (21/01/2022) adalah untuk meninjau ulang proses administrasi hukum pidana dari laporan Emma Waroka.

"Maksud kedatangan kami kemari adalah untuk peninjauan proses administrasi hukum pidana yang dilakukan oleh pihak EW dengan kuasa hukumnya terkait dengan laporan mereka, pelanggaran undang-undang ITE, karena live Instagram yang dilakukan oleh klien kami, Tiara Marleen," kata Firdaus Oiwobo ketika ditemui di Polres Metro Jaya.

Menurut Firdaus Oiwobo, setelah meninjau ulang laporan gugatan terhadap kliennya tersebut, Ia menilai adanya cacat hukum dalam laporan Emma Waroka yang tidak memenuhi tata cara hukum yang berlalu.

"Saya sudah melayangkan surat kepada Polda Metro Jaya kepada Ditreskrimum dan Direskrimsus untuk memberhentikan proses penyelidikan ini karena cacat hukum, tidak bisa dijalankan proses penyelidikan dengan cara-cara yang tidak memenuhi hukum acara," ujar Firdaus Oiwobo.

Atas dasar tersebut, Firdaus Oiwobo mengajukan surat perlindungan hukum untuk Tiara Marleen kepada Polda Metro Jaya karena ada indikasi cacat hukum.

"Artinya, syarat-syarat dalam hukum pidana itu tidak ditempuh dengan maksimal, tidak diberikan surat somasi terlebih dahulu, pokoknya banyak dugaan-dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh EW dengan kuasa hukumnya dan sekarang ini saya ajukan protes dengan mengajukan surat permohonan perlindungan hukum," terang Firdaus Oiwobo.

Firdaus Oiwobo pun menegaskan bahwa jika nantinya ditemukan bukti bahwa laporan dari Emma Waroka tidak terbukti kebenarannya, maka pihak Tiara Marleen akan melaporkan balik Emma Waroka.

"Intinya, masalah yang cacat hukum ini, membuat klien saya tambah buruk, dalam hal ini kami akan lapor balik, kami tunggu proses penyelidikan ini," ujar Firdaus Oiwobo.