Gempa berkekuatan magnitudo 7,3 mengguncang Jepang timur pada Rabu (16/03) malam

Gempa berkekuatan magnitudo 7,3 mengguncang Jepang timur pada Rabu (16/03) malam. Dilansir AFP, Badan Meteorologi Jepang menyebut gempa juga mengguncang ibu kota Tokyo dan memicu peringatan tsunami untuk beberapa bagian pantai timur laut.

Gempa itu berpusat di lepas pantai wilayah Fukushima pada kedalaman 60 kilometer, lalu tak lama setelah itu terjadi pada pukul 11.36 malam (1436 GMT).

Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida langsung mengeluarkan instruksi menyikapi peristiwa gempa tersebut. Instruksi disampaikan lewat akun Twitter resmi kantor Perdana Menteri Jepang @JPN_PMO.

"Instruksi dari Perdana Menteri Mengenai Gempa yang Berpusat di Prefektur Miyagi dan Fukushima," tulis akun @JPN_PMO, Rabu (16/03).

Fumio meminta agar segera dilakukan penilaian terhadap kerusakan imbas gempa tersebut. Selain itu dia juga meminta agar segera prioritaskan langkah-langkah penyelamatan kepada para korban

"Menilai keadaan kerusakan sesegera mungkin. Bertindak dalam koordinasi yang erat dengan pemerintah daerah dan, di bawah prinsip memprioritaskan kehidupan manusia di atas segalanya, tidak menyia-nyiakan upaya dalam tanggap darurat bencana kita, termasuk menyelamatkan nyawa dan menyelamatkan korban bencana, dengan Pemerintah bekerja sebagai satu kesatuan," ucapnya.

Selain itu, dia juga meminta agar informasi yang diberikan kepada masyarakat harus tepat dan akurat berkaitan dengan evakuasi, kerusakan hingga hal kritis lainnya.

"Memberikan informasi yang tepat waktu dan akurat kepada masyarakat mengenai evakuasi, kerusakan, dan hal-hal kritis lainnya," tuturnya.

Diketahui, Jepang berada di "Cincin Api" Pasifik, busur aktivitas seismik intens yang membentang melalui Asia Tenggara dan melintasi cekungan Pasifik.

Negara ini sering dilanda gempa dan memiliki peraturan konstruksi yang ketat yang dimaksudkan untuk memastikan bangunan dapat menahan getaran kuat.

Tapi hal itu tetap dihantui memori gempa bawah laut 2011 di timur laut Jepang yang memicu tsunami mematikan dan melepaskan kecelakaan nuklir Fukushima.

Tsunami saat itu menyebabkan sekitar 18.500 orang tewas atau hilang.