Dikatakan Jumhur, KSPSI memiliki belasan federasi. Buruh yang akan ikut aksi bersama mahasiswa adalah Federasi Serikat Pekerja (FSP) Logam Elektronika, dan Mesin (LEM)

Bukan hanya mahasiswa dari Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI), Aksi 114 juga akan diikuti para buruh dan pekerja yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), Senin (11/04/2022).

Hal tersebut diungkap Ketua Umum (Ketum) KSPSI, Jumhur Hidayat saat berbincang dengan Refly Harun pada Minggu siang (10/04/2022).

Dikatakan Jumhur, KSPSI memiliki belasan federasi. Buruh yang akan ikut aksi bersama mahasiswa adalah Federasi Serikat Pekerja (FSP) Logam Elektronika, dan Mesin (LEM).

"Dari berbagai Jabodetabek ya mungkin jumlahnya cukup besar," ujar Jumhur.

Para buruh dari FSP LEM KSPSI kata Jumhur, ikut aksi unjuk rasa bersama dengan mahasiswa lantaran tidak adanya tuntutan soal Omnibus Law dari mahasiswa. Sehingga, aksi esok hari, buruh akan menyampaikan tuntutan tentang Omnibus Law.

Meski demikian, Jumhur belum tahu apakah BEM SI akan juga akan menyuarakan tentang Omnibus Law UU Cipta Kerja. Atas dasar itulah, Jumhur mengatakan pihaknya berinisiatif untuk mengikusi aksi bersama elemen BEM SI.

"Maka teman-teman kemudian berpikir kita harus ikut, itu Omnibus Law masalah bangsa, bukan masalah pribadi, bukan hanya buruh, masalah mahasiswa juga. Omnibus Law ini isu besar, besar sekali, bukan hanya untuk buruh," jelas Jumhur menutup.

BEM SI sendiri batal menggelar aksi unjuk rasa di sekitar Istana Negara Jakarta. Aksi akan pindah di depan Gedung DPR RI Jakarta dari hasil konsolidasi BEM SI.