Bagi yang awam dengan uang kripto, tentu perlu mengenal seluk beluk jenis mata uang digital ini. Apalagi saat ini, uang kripto mulai menjadi salah satu tren investasi.

Tak ada salahnya bila mengenal lebih dekat uang kripto jenis Bitcoin (BTC). Uang kripto yang punya kapitalisasi terbesar. 

Mengutip coinmarketcap.com, Sabtu (16/4/2022), harga Bitcoin (BTC) naik 0,78 persen ke harga US$40.430,1 per koin. Kendati naik, harganya telah turun 4,89 persen sepanjang 7 hari terakhir. Dengan kapitalisasi pasar mencapai US$769,69 miliar, BTC yang beredar mencapai 19,01 juta koin.

Volatilitas ini yang menjadi salah satu fakta yang membuat Bitcoin dipandang negatif. Tetapi, sisi baiknya, perbedaan pandangan tersebut justru membuka ruang diskusi dan memunculkan rasa penasaran publik. Dikutip dari Pintu Academy, Sabtu (16/4/2022), berikut sejumlqh keunikan Bitcoin.

1. Jumlah Bitcoin 
Ada berapa banyak jumlah Bitcoin yang bisa dibeli? Jumlah Bitcoin sebetulnya terbatas karena hanya tersedia 21 juta. Sejauh ini, jumlah Bitcoin yang beredar sudah menyentuh angka 18,5 juta. Angka itu masih terus bertambah mengingat makin banyak orang dan institusi yang membeli Bitcoin setiap hari.

2. Bitcoin Pizza Day 
Setiap 22 Mei diperingati sebagai Bitcoin Pizza Day. Lho kok bisa? Semua berawal dari momen yang terjadi pada 22 Mei 2010. Laszlo Hanyecz, programmer asal Florida sukses membeli dua porsi Pizza Papa John dengan 10.000 BTC. Itulah pembelian resmi pertama dengan Bitcoin. Saat itu nilai 10.000 BTC sekitar US$41, sedangkan nominal tersebut sekarang sudah bernilai lebih dari US$64 juta. Wow.

3. Pernah Dikirim ke Luar Angkasa 
Sejarah mencatat pada 2016, mata uang kripto membuat debut pertama pengiriman ke luar angkasa. Provider cloud service, Genesis Mining, mengikatkan dompet kertas dan model 3D Bitcoin ke balon cuaca. Sebuah GoPro disematkan untuk melacak perjalanannya. Transaksi tersebut akhirnya berhasil dilakukan pada ketinggian 20 kilometer dan 34 kilometer. 

4. Siapakah Pencipta Bitcoin?
Nama Satoshi Nakamoto, yang disebut-sebut sebagai pembuat Bitcoin, sebetulnya nama samaran seseorang atau sekelompok orang? Dia atau mereka ini diyakini mengembangkan pembuatan Bitcoin pada 2009. 

Namun, jejak Nakamoto menghilang secara misterius dari internet dua tahun kemudian. Tak heran jika kemudian banyak orang mengklaim dirinya adalah Satoshi Nakamoto, tetapi tidak ada satu pun yang punya bukti kuat. Sampai detik ini, misteri pembuat Bitcoin belum terpecahkan. Pada akhirnya, banyak orang setuju untuk membiarkan sang pembuat mata uang desentralisasi ini tetap anonim, sama seperti sifat pembuatan Bitcoin. 

5. Transaksi Gratis 
Merasa rugi saat harus membayar biaya layanan transaksi lewat bank maupun PayPal? Hal tersebut tidak akan kamu alami dengan Bitcoin.

Transaksi Bitcoin bisa dibilang bebas fee karena tidak membutuhkan perantara. Beberapa transaksi menerapkan sedikit biaya, tetapi itu hanya untuk membayar mereka yang ‘menambang’ Bitcoin. Ujungnya, biaya kecil itu pun tetap akan dilepas ke sistem.