setidaknya 228 kasus (hepatitis) yang mungkin dilaporkan ke WHO dari 20 negara

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa kasus hepatitis yang menyerang usia anak-anak melonjak menjadi 228 kasus dan tersebar di 20 negara di dunia.

"Pada 1 Mei, setidaknya 228 kasus (hepatitis) yang mungkin dilaporkan ke WHO dari 20 negara dengan lebih dari 50 kasus tambahan sedang diselidiki," ujar Juru Bicara WHO, Tarik Jasarevic dalam konferensi pers.

Otoritas kesehatan di seluruh dunia saat ini tengah menyelidiki peningkatan misterius dalam kasus hepatitis akut pada anak-anak. Ini menjadi persoalan serius mengingat kasus ini sudah menelan korban jiwa.

Dilansir dari New York Post, tidak hanya jumlah kasus hepatitis akut yang naik, namun angka kematian akibat virus itu pun juga mengalami peningkatan.

WHO mengatakan, penyakit itu mengakibatkan empat kematian tambahan, sehingga total anak yang meninggal sebanyak 5 orang.

Dijelaskan bahwa WHO telah menerima laporan pada 5 April 2022 dari Inggris Raya mengenai 10 kasus Hepatitis Akut yang tidak diketahui etiologinya pada anak-anak usia 11 bulan sampai 5 tahun pada periode Januari hingga Maret 2-22 di Skotlandia Tengah.

Sejak secara resmi dipublikasikan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) oleh WHO pada 15 April 2022, jumlah laporan pun terus bertambah.

Per 21 April 2022, tercatat 169 kasus yang dilaporkan di 12 negara dengan rincian sebagai berikut:

1. Inggris, ada 114 kasus
2. Spanyol ,13 kasus
3. Israel, 12 kasus
4. Amerika Serikat, 9 kasus
5. Denmark, 6 kasus
6. Irlandia, kurang dari 5 kasus
7. Belanda, 4 kasus,
8. Italia, 4 kasus
9. Norwegia, 2 kasus
10. Perancis, 2 kasus
11. Romania, 1 kasus
12. Belgia, 1 kasus

Menurut data terbaru, Inggris saat ini menjadi negara dengan kasus terbanyak, yakni 145 kasus, diikuti oleh AS, Spanyol dan Israel.

Sayangnya, WHO belum merinci dari 228 kasus ini untuk maisng-masing negara. Hampir selusin negara Eropa lainnya telah melaporkan kemungkinan kasus hepatitis.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS mengirimkan peringatan kepada dokter nasional sejak bulan lalu, dengan tujuan mendorong mereka untuk menguji anak-anak dengan penyakit hati yang parah untuk adenovirus.

Sebab, penyakit hepatitis misterius ini diduga disebabkan oleh suatu adenovirus.

Minnesota, Georgia dan New York telah melaporkan bahwa mereka sedang mengamati beberapa kasus peradangan hati akut pada anak-anak.

Sembilan kasus juga muncul di Alabama, dua di North Carolina, masing-masing satu di Delaware dan Louisiana, tiga di Illinois, empat di Wisconsin, dan enam di Tennessee.