Selain itu, lanjut Saan, Anies memiliki basis akademis yang mumpuni, untuk menjadi seorang calon presiden

Partai Nasional Demokrat (NasDem) Jawa Barat telah mantap mengusulkan Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan sebagai calon presiden kepada Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh saat mengelar Rakernas pada 15-17 Juni 2022 mendatang.

Ketua DPW Partai NasDem Jawa Barat, Saan Mustopa menuturkan, jatuhnya pilihan NasDem Jabar kepada Anies Baswedan lantaran mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu sempat menjadi orang penting bagi NasDem sebelum menjadi sebuah partai besar.

Pak Anies 'kan punya historis dengan NasDem, sebagai deklarator ormas NasDem. Bahkan dia yang membacakan manifesto ormas NasDem waktu itu, sebelum NasDem jadi partai. Itu, secara historis,” ucap Saan, Rabu (04/05/2022).

Selain itu, lanjut Saan, Anies memiliki basis akademis yang mumpuni, untuk menjadi seorang calon presiden.

“Yang kedua, secara rasional dan objektif, Pak Anies ini kan punya pengalaman politik yang memadai dan punya basis akademis, intelektual, pemikiran dan gagasan, juga Pak Anies memiliki prestasi yang baik,” urai Saan Mustofa.

Alasan berikutnya, selama memimpin DKI Jakarta, Anies Baswedan juga memiliki kerja politik yang baik. Sehingga, NasDem Jabar mantap mengajukan Anies sebagai capres 2024.

"Selama memimpin DKI Jakarta 'kan kita bisa lihat kerja-kerja Pak Anies selama menjadi Gubernur DKI Jakarta menata Jakarta kita bisa lihat sepanjang jalan Sudirman-Thamrin itu menurut saya bagus,” pungkas Saan Mustofa.