Ida Fauziyah menyatakan bahwa program BSU didesain untuk pekerja atau buruh dengan gaji di bawah Rp3,5 juta. BSU dan akan diberikan kepada pekerja atau buruh sebesar Rp 500.000 per bulan selama dua bulan yang dibayarkan sekaligus sebesar Rp 1 juta

Bantuan sosial (Bansos) masih ada yang cair di bulan Mei 2022 ini. Di antaranya bantuan langsung tunai (BLT) subsidi gaji hingga BLT untuk pelaku usaha.

Menurut Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM, Eddy Satria, pencairan BLT UMKM dilakukan usai Lebaran atau pada semester II-2022.

"Semester II-2022, setelah Lebaran baru proses," kata Eddy.

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah menyatakan bahwa program BSU didesain untuk pekerja atau buruh dengan gaji di bawah Rp3,5 juta. BSU dan akan diberikan kepada pekerja atau buruh sebesar Rp 500.000 per bulan selama dua bulan yang dibayarkan sekaligus sebesar Rp 1 juta.

"Saat ini Kemnaker tengah mempersiapkan instrumen kebijakan pelaksanaan BSU 2022 dan akan memastikan program BSU dapat dijalankan dengan cepat, tepat, akurat dan akuntabel," kata Ida.

Selain kedua BLT tersebut yang akan cair masih ada bansos lain yang cair setelah Lebaran. Berikut daftarnya:

1. Kartu Prakerja

Saat ini kartu prakerja sudah memasuki gelombang 27. Peserta yang lolos akan mendapatkan insentif atau BLT senilai Rp3,55 juta.

2. Bansos Sembako atau Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT)

Bansos ini senilai Rp200.000 tapi dirapel 3 bulan sekaligus, sehingga masyarakat mendapat Rp600.000.

Masing-masing bansos yang dipercepat penyalurannya adalah BPNT senilai Rp600 ribu atau Rp200 ribu per bulan dan BLT Minyak Goreng senilai Rp300 ribu atau Rp100 ribu per bulan. Penyaluran ini dilakukan oleh PT Pos Indonesia.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan alasan percepatan distribusi bansos sekaligus tiga bulan untuk menunjang daya perekonomian masyarakat menjelang hari raya.

"Karena itu, segera kita bantu, terutama untuk menyambut Idul Fitri," ujarnya.

3. Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima dan Warung (BT-PKLW)

Besaran BT-PKLWN adalah Rp 600.000 per orang untuk 2,76 juta penerima yaitu untuk 1 juta PKLW dan 1,76 juta nelayan.

4. Bansos PKH

Bansos PKH merupakan bansos yang rutin dijalankan tiap tahunnya. Bansos PKH mencapai Rp28,7 triliun dengan target 10 juta penerima bansos yang diterima untuk

Ibu Hamil dan anak usia dini 0-6 tahun Rp3 juta

Anak usia SD Rp900 ribu

Anak usia SMP Rp1,5 juta

Anak Usia SMA Rp2 juta

Penyandang disabilitas Rp2,4 juta

Usia lanjut mulai 70 tahun Rp2,4 juta.

5. Bantuan Modal Kerja

Presiden Jokowi juga masih menyalurkan BLT ke pedagang dengan besaran mencapai Rp1,2 juta.