Pemerintah sedang mengembangkan model bisnis korporatisasi petani, yaitu mengkonsolidasi petani, peternak dan nelayan kecil perorangan, untuk bergabung dalam koperasi.

Saat ini produksi UMKM masih kurang kuat. Terlebih, e-commerce masih didominasi produk impor bukan produk dalam negeri.

"Salah satu upaya kami ingin mendorong sektor produktif. Karena selama ini 63,3 persen masih di sektor perdagangan," kata Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dalam acara Tempo BNI The Bilateral Forum di The Langham Jakarta, Kamis, 12 Mei 2022.

Dia menekankan pemerintah saat ini tengah fokus memperkuat produksi UMKM. Penguatan dilakukan fokus di sektor produksi adalah sektor pangan, pertanian, perikanan, dan peternakan.

Pemerintah, kata dia, sekarang sedang mengembangkan model bisnis korporatisasi petani, yaitu mengkonsolidasi petani, peternak dan nelayan kecil perorangan, untuk bergabung dalam koperasi. Sehingga masuk dalam skala ekonomi, terhubung dengan outaker, market dan pembiayaan.

"Kita tidak bisa membiarkan mereka yang kecil-kecil berusaha sendiri, tapi harus dikonsolidasi sehingga bisa masuk dalam skala ekonomi," ujarnya.

Teten juga mengatakan 97 persen lapangan kerja disediakan oleh sektor mikro. Untuk menyediakan lapangan kerja yang berkualitas, harus memperkuat UMKM.

"Kita harus menyiapkan seluruh ekosistem supaya mereka bisa tumbuh dan berkembang, sehingga kita bisa menghadirkan lapangan kerja yang berkualitas," kata Teten.

Menurutnya, seluruh ekosistem untuk pengembangan UMKM di Undang-undang Cipta Kerja sudah diperkuat. Mulai dari akses pembiayaan, pasar, bahkan belanja pemerintah mengalokasikan 40 persen anggarannya untuk membeli produk-produk UMKM.

"Tahun ini saya diperintahkan oleh pak Jokowi Rp 500 triliun belanja Pempus harus membeli produk UMKM," ujar Teten dikutip Tempo.co.

Hal itu, kata dia, menjadi suatu kesempatan yang besar untuk UMKM dalam meningkatkan kualitas dan kapasitas produksi mereka. Juga akses kepada pengembangan usaha, termasuk akses pengembangan kepada penggunaan teknologi tinggi dalam produksi di UMKM.