Sebaliknya, Erick Thohir justru rajin berkunjung ke pesantren-pesantren untuk mencari bibit-bibit unggul dan sumber daya manusia (SDM) berkualitas di samping juga untuk meningkatkan ukhuwah dan menjalin tali silaturahim

Sebagian masyarakat memandang, santri hanya terampil dalam ilmu agama tetapi tertinggal dalam hal ilmu pengetahuan umum dan teknologi. Tidak demikian halnya dengan penilaian Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir. 

Sebaliknya, Erick Thohir justru rajin berkunjung ke pesantren-pesantren untuk mencari bibit-bibit unggul dan sumber daya manusia (SDM) berkualitas di samping juga untuk meningkatkan ukhuwah dan menjalin tali silaturahim.

“Sumber daya manusia yang terbaik di Indonesia salah satunya ada di pesantren. Karena di Pesantren, santriawan dan santriwati diajarkan untuk memiliki akhlak, karakter yang baik,” ujar Erick saat hadir di Majelis Shalawat At-Thohir di Pesantren Salafiyah Syafiiyah, Sukorejo Situbondo, Sabtu (14/05/2022).

Menurut Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) ini, pendidikan pesantren malah sejalan dengan core value BUMN AKHLAK yang menekankan karakter yang baik. Oleh sebab itu, tak heran, jika di beragam kesempatan dirinya selalu mendorong para santri untuk naik kelas baik dengan beasiswa maupun magang di perusahaan BUMN.

"Tadi juga saya sampaikan ke Pak Kyai kalau berkenan saya ingin bantu untuk awal berikan 50 beasiswa untuk para santri supaya bisa kita sekolahkan di S1 atau S2. Kalian adalah masa depan Indonesia dan BUMN akan terus jaga fondasi bangsa kita," kata Erick.

Dalam kesempatan lain, Erick Thohir mengatakan  BUMN juga akan mengucurkan beasiswa untuk 7.700 santri. BUMN akan menjalin kerja sama dengan Badan Zakat Nasional (BAZNAS) untuk program beasiswa yang sedang belajar di pesantren dan pendidikan Islam. 

Dalam kerjasama ini, lanjutnya, Ketua BAZNAS menjanjikan untuk memberikan beasiswa bagi 10 ribu santri.

“Seandainya 17.700 santri yang menerima program beasiswa itu menjadi pemimpin, dipastikan akan menjadi kekuatan umat Islam," imbuh Erick.

Tak hanya beasiswa, BUMN juga telah memberi kesempatan kapada talenta-talenta muda untuk magang di BUMN. 

"Kami di Kementerian BUMN membuka yang namanya magang untuk mahasiswa, sudah bekerja sama dengan banyak perguruan (tinggi), lalu juga program santri magang bekerja sama dengan banyak pesantren," katanya dalam keterangan yang diterima wartawan, Jumat (13/05/2022).

"Kita ingin santri-santri bisa menjadi bagian. Bagian yang menjadi pertumbuhan ekonomi. Makanya, BUMN punya program magang santri," pungkas Erick Thohir.