Di tengah ketidakpastian global dampak perang Rusia-Ukraina, pemerintah Indonesia terus memaksimalkan perburuan investasi. Demi melesatnya perekonomian nasional.

Duet Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia berburu investor saat kunjungan kerja ke Amerika Serikat (AS) pada Kamis, (12/5/2022).

Keduanya menemui 12 pimpinan perusahaan asal Negeri Paman Sam dari berbagai sektor. Mulai dari bisnis teknologi data center, minyak dan gas, farmasi dan kesehatan, energi terbarukan, smelter pertam­bangan, industri makanan dan industri lampu LED.

Dalam pertemuan itu, Menko Luhut menyampaikan kepada 12 bos perusahaan Amerika Serikat (AS) terse­but, salah satu fokus Pemerintah Indonesia ke depan, yaitu pengem­bangan ekosistem ekonomi hijau.

Strateginya, kata Menko Luhut, mela­lui mekanisme transisi energi dari bahan bakar fosil menjadi energi terbarukan, restorasi eko­sistem seperti hutan bakau, lahan gambut, dan hutan tropis.

“Indonesia menyambut baik minat investor asing dalam sektor ekosistem ekonomi hi­jau. Terutama pada mekanisme transisi energi dan kawasan industri, serta industri dengan nilai tambah,” ujar Menko Luhut dalam keterangan resminya, dikutip Senin (16/5/2022).

Menteri Bahlil menimpali, Pemerin­tah Indonesia sangat terbuka terhadap investasi yang kolabo­ratif dan mendorong pemerataan ekonomi.

Salah satu kebijakan Pemerin­tah saat ini adalah mewajibkan kolaborasi antara investasi asing dengan pengusaha nasional. Ter­utama pengusaha lokal dan Usa­ha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di daerah.

“Kami berpendapat, sebuah investasi yang berkembang itu harus dimanfaatkan oleh semuanya, serta dapat tumbuh dan besar bersama-sama,” kata Menteri Bahlil.

Dia menjelaskan, pada per­temuan forum bisnis dengan 12 perusahaan ini, terdapat beberapa perkembangan menarik. Yakni, Microsoft akan membangun data center dan beberapa infrastruktur telekomunikasi, dan sudah mulai berjalan. "Tadi kita mulai up to date dengan mereka,” katanya.

Selain itu, ada pertemuan dengan perusahaan Cargill, Air Product, serta Freeport. Khusus soal Freeport, Bahlil melaporkan pembangunan smelter Freeport di Gresik sudah mencapai 40 persen. Ditargetkan akhir 2023 sudah beroperasi atau Commercial Operation Date (COD).

“Ini perintah Presiden Jokowi terkait implementasi Undang-undang Minerba (mineral dan batubara). Jadi, hilirisasi adalah satu kata kunci yang tidak dipri­oritaskan kepada salah satu pe­rusahaan tertentu, tapi semuanya sama,” tegasnya.