PT KAI mengapresiasi dan mengucapkan rasa terima kasih untuk komunitas pecinta kereta api railfans.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengungkap, di balik kelancaran mudik Lebaran 2022 ada peran 50 komunitas railfans yang turut membantu PT KAI dalam kegiatan angkutan Lebaran 2022.

"Di balik kelancaran angkutan Lebaran ini tentunya ada peranan (komunitas) railfans yang membantu," kata Vice President Public Relations Joni Martinus dalam keterangan tertulis, Selasa (17/05).

Untuk itu, PT KAI mengapresiasi dan mengucapkan rasa terima kasih untuk komunitas pecinta kereta api railfans.

"Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada teman-teman railfans karena telah bahu membahu menyukseskan angkutan Lebaran tahun 2022 dengan memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan dan mewujudkan perjalanan kereta api yang aman, nyaman, sehat, dan selamat," ucap Joni Martinus.

Ia menuturkan Railfans dari berbagai daerah secara sukarela membantu memberikan pelayanan kepada para pelanggan di stasiun-stasiun.

Di wilayah operasional KAI Jakarta dan Sumatera terdapat 50 komunitas railfans binaan KAI yang kerap berkolaborasi untuk membantu kelancaran angkutan Lebaran.

"Dari 50 komunitas railfans tersebut 23 di antaranya membantu KAI dalam posko angkutan Lebaran tahun 2022 ini, yakni Jejak Railfans, Train Photograph Railfans Indonesia, Edan Sepur Wilayah Jakarta, Bandung, serta Cirebon, GM-MarKA, RD One, National Railfans, Sedulur Sepur, Forum Railfans Area 1, Victory Railfans," paparnya.

Kemudian ada Sahabat Kereta Api Daop 2 bandung dan Daop 8 surabaya, Railfans Cianjur, KRDE Daop 4 semarang dan Daop 9 jember, Spoorlimo, Railfans Jombang +43, Railfans Enam Delapan Kediri, Pecel +64 Madiun, Si Puong, RF+444 Malang, dan terakhir Osing Train Community.

Masing-masing Railfans ini memiliki anggota yang bervariasi jumlahnya, yakni di kisaran 20 hingga 400 orang dan rata-rata masih berstatus pelajar.

"Selama posko, terdapat sejumlah kegiatan yang dikerjakan oleh para anggota railfans secara sukarela. Di antaranya, mengantarkan pelanggan agar tak salah nomor kursi, masuk kereta, dan lainnya," ujarnya.

Selain membantu, menurutnya, kehadiran komunitas tersebut kerap menjadi penyemangat tersendiri bagi para pekerja KAI dalam menjalankan tugas. Pasalnya anggota komunitas tidak hanya terlibat pada momen Lebaran saja.

Namun railfans kerap terlibat dalam mensukseskan momen Nataru dan bakti sosial, dan edukasi keselamatan di perlintasan sebidang.

"Railfans memiliki peran penting dalam mendukung kemajuan perkeretaapian yang terus dilakukan oleh KAI. Dari kegiatan-kegiatan positif tersebut diharapkan mampu menambah kualitas pelayanan dan memberikan citra positif untuk KAI maupun bagi railfans itu sendiri," katanya.