Gerindra belum akan deklarasi koalisi dalam waktu dekat. Gerindra fokus membangun komunikasi dengan partai para tokoh, termasuk dengan Golkar, PPP dan PAN.

Wakil Ketua Umum Gerindra Habiburokhman mengatakan, pihaknya masih membangun komunikasi dengan semua partai politik. Belum ada rencana deklarasi koalisi dalam waktu dekat seperti yang dilakukan Golkar, PPP dan PAN.

Namun, Habiburokhman menyampaikan komunikasi dengan PDIP tengah baik. Apakah akan berkoalisi dengan PDIP, Gerindra menunggu perkembangan ke depan.

"Saya pikir bagus juga komunikasi kami dengan PDIP bagus. Nantilah kita lihat perkembangannya," kata Habiburokhman di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (16/5).

Habiburokhman mengatakan, Gerindra belum akan deklarasi koalisi dalam waktu dekat. Gerindra fokus membangun komunikasi dengan partai para tokoh, termasuk dengan Golkar, PPP dan PAN.

"Kami menjalin komunikasi yang baik dengan mereka dengan tokoh-tokohnya siapa tahu ada jodoh nanti kita ketemu di 2024," kata anggota Komisi III DPR RI ini.

Habiburokhman mengatakan, cocok tidaknya mitra koalisi akan kelihatan saat mendekati Pemilu 2024. Dia mengibaratkan penjajakan koalisi seperti orang pacaran. Kalau hubungan baik akan dapat berlanjut ke jenjang berikutnya.

"Namanya penjajakan kita semua saling mengajak dan saling diajak, cuma nanti ketemu cocoknya atau tidak, di politik itu kan kurang lebih sama kaya orang pacaran bisa sampai di pernikahan bagus, kalau tidak ya hubungan kami akan tetap baik," katanya.