Karena perhatian Erick Thohir timnas basket Indonesia berhasil meraih penghargaan di beberapa kejuaran bergengsi. Terakhir tim basket putra tanah air berhasil mempersembahkan emas untuk pertama kalinya pada gelaran SEA Games Vietnam

Pemain Timnas basket putra, Derrick Michael Xzavierro membuat kejutan pada momen hari ulang tahun ke-52 Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir. Tanpa didudaga, Derrick memberikan itu memberikan medali emas yang didapatkannya saat SEA Games 2021 Vietnam untuk Erick Thohir sebagai kado ulang tahun.

"Happy birthday Pak Erick Thohir, panjang umur, sehat selalu. Dan ini medali emas saya persembahkan untuk hari spesial Pak Erick Thohir,” ujar Derrick melalui akun Instagram pribadinya, Senin (30/05/2022).

Pebasket dengan tinggi 2,03 meter itu mengatakan, persembahan medali emas untuk Erick Thohir bukan tanpa sebab. Menurutnya Eks Presiden Inter Milan yang lahir pada 30 Mei 1970 itu sudah banyak berkontribusi untuk perkembangan dunia bola basket Indonesia.

Terbukti, karena perhatian Erick Thohir timnas basket Indonesia berhasil meraih penghargaan di beberapa kejuaran bergengsi. Terakhir tim basket putra tanah air berhasil mempersembahkan emas untuk pertama kalinya pada gelaran SEA Games Vietnam.

“Semoga bisa membangun Indonesia lebih baik lagi dan support basket Indonesia terus,” ujar Derrick.

Selain Derrick, berbagai tokoh publik juga memberikan ucapan selamat ulang tahun dan doa-doa kepada Erick Thohir. Seperti penyanyi Yuni Shara, Menteri Perdagangan RI, Muhammad Lutfi, serta masih banyak tokoh-tokoh lainnya.

Erick Thohir dikenal sebagai penggila basket. Sempat mengurus Perbasi dan juga memiliki klub basket di Tanah Air dan NBA, Erick Thohir tak melupakan kecintaannya dengan basket meski kini sibuk dengan tugas sebagai Menteri BUMN.

Sebelumnya, Erick Thohir mengatakan raihan emas ini adalah sejarah setelah penantian lebih dari 45 tahun lamanya. Eks CEO Philadelphia 76ers ini mengapresiasi perjuangan seluruh skuad timnas putra bola basket Indonesia dalam ajang Sea Games Vietnam.

“Sejarah, medali emas pertama Indonesia sejak 1977. Ini menghentikan dominasi Filipina yang meraih 13 kali beruntun emas Sea Games. Luar biasa timnas basket putra,” tutur Erick Thohir.