Dengan semakin meredanya pandemi COVID-19, pergerakan ekonomi mulai menggeliat. Seiring semakin derasnya aktivitas publik. Alhasil, bisnis transportasi termasuk udara, mulai normal lagi.

Atas membaiknya perekonomian, Trigana Air ancang-ancang membuka kembali rute penerbangan Dekai-Wamena pp di Papua setelah sempat ditutup akibat berakhirnya subsidi dari Pemda Yahukimo.

"Memang benar mulai Senin (6/6) Trigana Air akan kembali melayani penerbangan Dekai-Wamena karena ada permintaan Pemda Yahukimo," kata Kepala Cabang Trigana Air Wamena Michael Biduri, dikutip dari Antara, Sabtu (4/6/2022).
 
Michael Biduri mengakui, pembukaan kembali rute Dekai-Wamena itu menjawab permintaan Bupati Yahukimo walaupun saat ini tidak bersubsidi.

Penerbangan dari Dekai-Wamena dapat ditempuh sekitar 30 menit dengan tarif sekitar Rp850 ribu. "Rute penerbangan itu menggunakan pesawat jenis ATR 45, dan dilayani setiap hari," kata Michael Biduri.
 
Bupati Yahukimo, Didimus Yahuli secara terpisah mengapresiasi dibukanya kembali rute Dekai-Wamena sehingga masyarakat yang ingin ke Wamena tidak perlu ke Sentani terlebih dahulu hingga memberatkan warga yang akan melakukan perjalanan.
 
Pemda Yahukimo tidak mengalokasikan dana untuk subsidi angkutan di rute tersebut. Saat ini secara rutin penerbangan ke Dekai dilayani dua maskapai yakni Trigana Air dan Wings Air dengan rute Sentani-Dekai PP, jelas Bupati Didimus Yahuli.