Dedi Kurnia Syah menyatakan bahwa dalam survei yang dilakukan, kader partai terbanyak menyukai Anies Baswedan adalah kader Partai NasDem

Menjelang Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai Nasional Demokrat (NasDem) yang akan digelar pada 15-17 Juni 2022 mendatang, nama Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan semakin kuat diusulkan sebagai calon presiden di tahun 2024 mendatang.

Terbaru, disampaikan oleh Ketua Teritorial Pemenangan Pemilu NasDem Wilayah Jawa 1 (Banten, DKI), Effendy Choirie. Ia memastikan, setelah mendengar aspirasi kader dan struktur hingga level ke bawah muncul usulan Anies Baswedan sebagai Capres Partai NasDem.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurnia Syah menyatakan bahwa dalam survei yang dilakukan, kader partai terbanyak menyukai Anies Baswedan adalah kader Partai NasDem.

Mengacu pada data itu, Dedi mengaku tidak heran dengan dorongan yang disampaikan oleh para pengurus daerah.

"Bahwa mereka melihat sosok Anies sebagai tokoh paling representatif dengan nilai dasar perjuangan NasDem," ujar Dedi, Sabtu (11/06/2022).

Dikatakannya, sosok Anies Baswedan dengan Partai besutan Surya Paloh itu tercatat memiliki sejarah yang kuat.

"Terbaru misalnya kolaborasi menyelenggarakan Formula E. Ini momentum bagi NasDem," tambah Dedi.

Terkait dengan peluang Anies sebagai Capres, Dedi berspekulasi bahwa ketika NasDem berhasil menjalin koalisi dengan Partai Demokrat, bukan tidak mungkin Partai Keadilan Sejahtera (PKS) akan ikut terprovokasi untuk bergabung.