Jazilul kemudian menjelaskan maksud Cak Imin menyindir Mendag Zulhas yang juga Ketum PAN, yang kaget harga-harga bahan pokok naik. Menurutnya, Cak Imin hanya memberi masukan dan mengingatkan Zulhas

Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Viva Yoga Mauladi menjawab sindiran Ketum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin) soal keterkejutan Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan (Zulhas) dengan melonjaknya harga kebutuhan pokok.

Viva Yoga membalas sindiran Cak Imin tersebut dengan menyinggung Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar seperti 'ada tapi tidak ada'. 

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid meminta agar PAN tahu diri, sebagai pendatang baru di koalisi Pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

"Kita terima untuk masuk koalisi, sudah bagus kok, nggak usah neko-neko. Pendatang baru tahu dirilah," kata Jazilul saat dihubungi, Sabtu (18/06/2022).

Jazilul kemudian menjelaskan maksud Cak Imin menyindir Mendag Zulhas yang juga Ketum PAN, yang kaget harga-harga bahan pokok naik. Menurutnya, Cak Imin hanya memberi masukan dan mengingatkan Zulhas.

"Mestinya bilang terima kasih sudah diingatkan dengan baik. Ya, itu kan masukan tanda selamat datang," ucap Jazilul.

Lebih lanjut, Jazilul sepakat dengan Viva Yoga bahwa dalam berkoalisi harus kompak dan bergotong-royong, tapi ada tata krama yang juga harus dijaga dalam koalisi. Dia juga mempersilakan kalau PAN mau mengkritik kinerja Mendes.

"Kami setuju untuk kompak dan gotong royong dalam koalisi, namun koalisi juga ada tata kramanya," jelasnya.

"Terima kasih dan silakan kasih masukan (kepada Mendes). Terserah, monggo saja kalau mau berbalas pantun," imbuhnya.'

PAN Singgung Mendes PDTT

Cak Imin sebelumnya menyindir menteri baru yang kaget dengan harga kebutuhan pokok yang serba mahal. PAN menyebut, Cak Imin seharusnya tak saling sindir sesama koalisi pemerintah.

"Cak Imin tidak usah menyindir sesama anggota partai koalisi pemerintahlah. Justru Cak Imin harus men-support agar kinerja seluruh kementerian dapat meningkat dan dapat mencapai target pembangunan nasional," kata Wakil Ketua Umum DPP PAN Viva Yoga, Jumat (17/06/2022).

Viva Yoga mengatakan sesama partai koalisi harus kompak menyukseskan program pemerintah.

"Sesama partai koalisi harus kompak dan bersatu, saling bergotong royong untuk menyukseskan program pemerintah. Kalau saling meniadakan atau saling menegasikan, itu hal yang tidak patut dan tidak baik," ucapnya.

Dia lalu mencontohkan seandainya ada sindiran ke Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar. Padahal, menurutnya, Mendes Abdul Iskandar bekerja keras, hingga tak tidur.

"Kan tidak enak misalnya ada sindiran bahwa kerja Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi ibarat wujuduhu ka'adamihi, yang artinya keberadaannya seperti tidak ada," katanya.

"Padahal kan dalam realitasnya telah bekerja keras, penuh perjuangan, dan tidak tidur," tandasnya.