Gibran mengaku mendapatkan banyak saran dan masukan saat bertemu dengan Megawati Soekarnoputri, Puan Maharani maupun Prabowo Subianto.

Nama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka digadang-gadang masuk dalam kontestasi Pemilihan Gubernur Jakarta. Seperti Jokowi, Gibran menjawab diplomatis dengan menolak karena ingin fokus membenahi Kota Solo.

Gibran beberapa waktu lalu sempat ke Jakarta dan bertemu langsung dengan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri. Kini, anak pertama Presiden Jokowi akan mempertimbangkan jika ada tawaran dari PDIP untuk maju di Pilgub DKI.

“Ya nanti kita pertimbangkan dulu lah. Masih banyak pekerjaan di Solo,” ujar Gibran di balai kota, Selasa (21/6).

Gibran mengaku mendapatkan banyak saran dan masukan saat bertemu dengan Megawati Soekarnoputri, Puan Maharani maupun Prabowo Subianto. Namun ketiganya tak secara khusus memintanya untuk maju pilgub di daerah mana.

“Ya memang tidak secara spesifik seperti itu. Intinya banyak saran dan masukan. Yang namanya ketemu senior, apalagi ketemu petinggi partai, ketua umum pasti banyak saran-saran. Ini di sini, nanti ke depan ke sana, pasti gitu,” katanya.

Maraknya pemberitaan terkait Pilgub, lanjut Gibran, belum pernah dibicarakan dengan Presiden Jokowi, yang juga ayahnya. Gibran memgaku belum pernah meminta pertimbangan apapun ke orang nomor satu di Indonesia.

“Belum, belum. Nanti aja, urusan nanti,” katanya.

Dalam beberapa hari belakangan, Gibran memang kebanjiran saran untuk maju dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2024 baik DKI ataupun Jawa Tengah. Puan Maharani dan Prabowo Subianto menjadi dua tokoh yang ingin melihat Gibran tampil di panggung Pilgub.