Ganjar mendapat elektabilitas sebesar 25,2 persen. Sedangkan Prabowo selisih 1,7 persen dengan perolehan 24,9 persen.

Ada yang menarik dari hasil survei tertutup yang dilakukan Litbang Kompa terhadap 25 nama calon presiden yang diinginkan responden. Hasilnya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjadi paling dipilih oleh mayoritas masyarakat.

Ganjar mendapat elektabilitas sebesar 25,2 persen. Sedangkan Prabowo selisih 1,7 persen dengan perolehan 24,9 persen.

Begitu pula pada survei tertutup dengan 10 nama. Hasilnya, Ganjar kembali mampu mengungguli Prabowo. Yakni Ganjar 26,6 persen dan Prabowo persen 25,2 persen.

Bagaimana dengan pilihan lima nama capres? Prabowo kembali kalah. Dia hanya mendapatkan 28,1 persen, sementara di urutan pertama ada Ganjar dengan 30,2 persen.

Begitu pula dengan survei tiga nama capres, Ganjar mendapat 33,6 persen sedangkan Prabowo 32,8 persen.

Dari Hasil survei yang sama, elektabilitas Ganjar Pranowo mengalami peningkatan yang cukup tajam. Elektabilitasnya naik, dari 20,5 persen pada Januari, menjadi 22 persen pada Juni.

Sementara, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto tidak banyak mengalami perubahan cenderung menurun. Meskipun menempati posisi teratas dengan tingkat elektabilitas 25,3 persen dan pada Januari elektabilitasnya mencapai 26,5 persen.

Adapun survei dilaksanakan pada 26 Mei hingga 4 Juni 2022 melalui tatap muka dan melibatkan 1.200 responden. Para responden dipilih secara acak, menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 34 provinsi.

Metode ini memiliki tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error kurang lebih 2,8 persen dalam kondisi penarikan sampel acak sederhana.