Pada simulasi 15 nama, Erick Thohir memperoleh elektabilitas sebesar 14,2 persen, disusul Khofifah di tempat kedua 13,7 persen.

Nama Menteri BUMN Erick Thohir makin diperhitungkan dalam kontestasi bursa Pilpres 2024. Terbukti, survei Lembaga Survei Poltracking Indonesia menunjukkan Erick mendominasi elektabilitas Cawapres 2024 di Jawa Timur.

Direktur Riset Poltracking Indonesia Arya Budi mengatakan Erick Thohir tertinggi pada simulasi 15 nama, dan Erick Thohir ditempel oleh Khofifah Indar Parawansa.

“Erick dan Khofifah menjadi preferensi yang cukup dominan di Jawa Timur, ini lah potret lapangan di bulan Mei,” kata Arya Budi pada rilis survei dikutip Kamis, (22/6/2022).

Pada simulasi 15 nama, Erick Thohir memperoleh elektabilitas sebesar 14,2 persen, disusul Khofifah di tempat kedua 13,7 persen, AHY 7,4 persen, Sandiaga Uno 4,9 persen, Puan Maharani 4,3 persen, dan nama-nama lain di bawah 4 persen.

Arya Budi menyebut, hasil survei bisa menjadi referensi bagi partai politik dalam menentukan Cawapres nantinya. Gambaran dari kekuatan Cawapres di Jatim tersaji dalam survei.

“Ini jadi penting baik bagi komunitas aktivitas petinggi partai dalam menentukan Cawapres, dua nama ini menjadi refleksi pemilih di Jatim,” jelas Arya.

Lebih lanjut, Arya Budi menuebut Erick Thohir dan Khofifah konsisten bertengger di dua besar peta Cawapres di Jatim. Elektabilitas keduanya selalu di atas 10 persen.

“Pada figur calon wakil presiden, terdapat dua figur kuat calon wakil presiden yang selalu konsisten berada di dua besar elektabilitas dengan angka di atas 10%, yaitu Erick Thohir & Khofifah Indar Parawansa,” kata Arya.

Arya menjelaskan survei tersebut mengambil 1000 responden secara proporsional di Jatim. Poltracking Indonesia menyelenggarakan survei di Jawa Timur pada 16-22 Mei 2022 dengan menggunakan metode multistage random sampling. dengan margin of error (MoE) +/- 3.2% pada tingkat kepercayaan 95%.