"Saya atas nama pribadi dan juga atas nama Holywings sebagai institusi memohon maaf"

Promosi minuman beralkohol di Holywings yang memberikan alkohol gratis kepada pemilik nama 'Muhammad' dan 'Maria' berujung pada ditetapkannya enam orang sebagai tersangka. Pengacara kondang Hotman Paris Hutapea, yang juga merupakan salah satu pemegang saham di Holywing Indonesia, turut angkat bicara terkait kasus tersebut.

Hotman Paris rupanya telah mengunjungi kediaman Ketua MUI bidang Dakwah dan Ukhuwah, KH Cholil Nafis. Dalam kesempatan tersebut, Hotman pun meminta maaf atas kegaduhan yang telah ditimbulkan promosi alkohol itu.

"Saya atas nama pribadi dan juga atas nama Holywings sebagai institusi memohon maaf kepada Bapak Kiai Cholil Nafis dan juga kepada umat Islam," ujar Hotman dalam video di akun Instagram resminya, Minggu (26/6).

Hotman berharap agar permohonan maaf tersebut dapat dikabulkan. Meski demikian, Hotman menyerahkan agar kasus tersebut diselesaikan melalui proses hukum yang berlaku.

Kiai Cholil Nafis lantas berterima kasih karena Hotman Paris sudah mau meminta maaf atas nama Holywings. Kiai Cholil Nafis mengatakan bahwa secara pribadi, dirinya sudah memaafkan.

"Makasih bang. Masya Allah bang, saya ucapkan terima kasih dan bangga abang bisa klarifikasi, tabayyun, ke rumah ini. Dan sebagai pribadi saya memaafkan bang. Karena pasti setiap orang berbuat kesalahan," jelas Kiai Cholil Nafis.

Meski begitu, penegakan hukum dinilai perlu untuk terus diproses. Hal ini perlu dilakukan untuk pembelajaran.

"Ini anak buah abang, stafnya terlalu kreatif. Hilang sensitivitasnya bahwa ini ranah agama. Mungkin niatnya baik atau atau wallah bissawab. Oleh karena itu, saya sepakat ini (proses hukum) diteruskan di ranah pengadilan proses hukum berjalan. Mudah-mudahan berjalan lancar menemukan keadilan yang seadil-adilnya," tukasnya.

Video permintaan maaf Hotman Paris ini lantas menuai beragam komentar dari netizen. Banyak yang mengapresiasi Hotman Pari karena telah mengakui kesalahan Holywings dan mau meminta maaf.

"Orang hebat orang yg mau mengakui kesalahannya dan mau meminta maaf," komentar salah satu netizen. "Contoh yg patut ditiru. Berani mengakui & meminta maaf. Gak pake banyak mulut & konperensi pers sana sini," tulis netizen lain.