Keberadaan KEK Lido di Pulau Jawa diharapkan dapat memenuhi target investasi 5 tahun senilai US$1,8 miliar, atau Rp26,64 triliun.

Tahun pertama, nilai investasi pembangunan kawasan dan pelaku usaha telah terealisasi Rp 2,07 triliun atau 7,77 persen dari total nilai investasi.

Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Lido juga diharapkan dapat memenuhi target lima tahun tersebut dengan menyerap tenaga kerja hingga mencapai 21.154 orang. Saat ini, sudah terserap sebanyak 1.192 tenaga kerja.

“Kegiatan seperti ini akan menyerap tenaga kerja yang besar, terutama di theme park dan sarana hospitality lainnya, kemudian sedang dibangun data center. Hal ini akan mendorong kegiatan industri kreatif, termasuk movieland. Kami berharap banyak produk kreatif dihasilkan dari sana,” kata Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto selaku Ketua Dewan Nasional KEK, Kamis (30/6/2022).

Hal 8ni disampaikan Menko Airlangga saat memimpin pembahasan perkembangan KEK Lido, di kantor Sekretariat Jenderal Dewan Nasional KEK.

“Kita bahas progres KEK Lido, antara lain tentang penguasaan lahan yang sudah 80 persen, kemudian akses jalan dan infrastruktur hampir lengkap, yang ditargetkan sebagian fasilitas dapat beroperasi pada akhir tahun nanti. Dengan demikian, evaluasinya ini sudah dalam tahap siap beroperasi,” jelas Menko Airlangga.

KEK Lido berlokasi di Lido, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. KEK Pariwisata dengan luas area 1.040 hektare, ditetapkan melalui PP Nomor 69 Tahun 2021.
Sesuai komitmen rencana investasi yakni pada 2041 akan merealisasikan sebesar US$2,4 miliar atau Rp32 triliun, dan akan menyerap 29.545 orang tenaga kerja.

Pemerintah terus berfokus untuk mendorong pembangunan KEK agar sekaligus mampu mengakselerasi pertumbuhan ekonomi wilayah dalam upaya pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Indonesia.

Investasi dari berbagai perusahaan yang beroperasi di dalam KEK tentunya juga diharapkan terus meningkat untuk semakin mendukung kemajuan pembangunan KEK tersebut.

Salah satu KEK yang sedang dalam tahap pembangunan yakni KEK Lido yang terletak di Provinsi Jawa Barat.