Deklarasi capres baru akan dilakukan dalam rapat pimpinan nasional (rapimnas) Gerindra yang akan digelar akhir Juli mendatang.

Diam-diam Gerindra sudah mengantongi nama cawapres untuk mendampingi Ketua Umum Prabowo Subianto. Siapa? 

“Nama (cawapres) sudah di kantong,” kata Ketua Harian Gerindra Sufmi Dasco Ahmad di Kompleks Parlemen, Senayan, Selasa, 5 Juli 2022.

Meski demikian, Dasco tidak mau membeberkan nama cawapres dari Gerindra. Dasco menjelaskan deklarasi capres baru akan dilakukan dalam rapat pimpinan nasional (rapimnas) Gerindra yang akan digelar akhir Juli mendatang.

“Jadi mekanisme di Partai Gerindra bahwa untuk forum memunculkan nama capres itu harus dilakukan di forum setingkat munas, yaitu di rapimnas, dalam rapimnas kemudian akan ditanyakan atau jawaban ke Pak Prabowo tentang ketersediaan, dicapreskan oleh Partai Gerindra,” kata Dasco.

Tak hanya nama Capres, Dasco menyebut dalam rapimnas akan juga dibahas terkait koalisi partai. “Untuk rapimnas, koalisi kita akan bahas dengan partai partai,” ucapnya.

Sementara itu, nama cawapres belum akan diumumkan pada forum Rapimnas, Dasco menyebut akan ada forum lain usai rapimnas.

"Mekanisme pencawapresan dan lain-lain itu ada forum yang akan dibuat untuk itu setelah rapimnas, sehingga pada saat rapimnas nanti hanya akan diumumkan soal capres saja," katanya.

Wakil Ketua DPR Itu mengaku tak bisa mengungkap detail siapa cawapres yang akan diusung Gerindra. 

“Saya tidak bisa bicara, mengenai masalah cawapres lebih lanjut karena sesuai anggaran dasar hal ini akan dibicarakan setelah rapimnas, walaupun nama sudah di kantong,” pungkasnya.

Siapa yang bakal dipilih sebagai cawapres Prabowo di Pilpres 2024? Berdera kabar bahwa Prabowo bakal berpasangan dengan Puan Maharani. Begitu pula dengan Ketum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) yang begitu gencar untuk menjalin koalisi dengan Gerindra.