Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bisa masuk nominasi calon presiden dan calon wakil presiden yang bakal dipertimbangkan.

Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) tengah mendekati Partai Demokrat untuk bergabung dalam koalisi. Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berpeluang untuk masuk nominasi capres-cawapres kalau gabung KIB.

Ketua DPP PPP Achmad Baidowi mengakui, sudah bertemu dengan Partai Demokrat. Untuk melakukan penjajakan koalisi. Ketika pertemuan itu, nama AHY ditawarkan sebagai bakal calon presiden dan calon wakil presiden.

Politikus Kabah yang akrab disapa Awiek menuturkan, Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) menghormati sikap Demokrat. Tetapi, ia menegaskan KIB berkoalisi tanpa syarat. Di internal koalisi saja belum ada pembahasan calon presiden dan calon wakil presiden.

"Ya kita hormati saja. Kalau di KIB tanpa syarat. Di KIB saja kita enggak ada bahas capres," ujarnya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 5 Juli 2022.

Awiek menawarkan Demokrat bergabung dengan KIB. Bahkan, kata dia, AHY bisa masuk nominasi calon presiden dan calon wakil presiden yang bakal dipertimbangkan.

"Gabung saja, barangkali mas AHY masuk nominasi yang bisa dibicarakan," kata wakil ketua Baleg DPR RI ini.

Ia mencontohkan saat Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar mensyaratkan dirinya menjadi capres bila KIB ajak gabung. Awiek mengatakan, sebaiknya Demokrat bergabung ke KIB dulu, urusan cocok atau tidak belakangan.

"Sama dengan PKB dulu waktu Cak Imin, enggak ada syarat-syarat begitu, gabung dulu baru kita bicara barang kali cocok. Kalau enggak cocok enggak usah dipaksa," ujarnya.