Djarot menyampaikan bila sosok yang akan menggantikan Tjahjo merupakan hak dari presiden. Bila itu dari kader PDIP itu juga merupakan kewenangan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri untuk memberi penugasan.

Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo buka suara terkait dengan kabar menjadi salah satu kader PDIP, yang berpotensi menjabat sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB).

Potensi itu muncul dari Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat saat ditanya soal sosok pengganti Tjahjo Kumolo. "Di Jawa Tengah saja, saya beresin Jawa Tengah dulu," kata Ganjar.

Sebelumnya, Djarot menyampaikan bila sosok yang akan menggantikan Tjahjo merupakan hak dari presiden. Bila itu dari kader PDIP itu juga merupakan kewenangan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri untuk memberi penugasan.

"Ya itu tergantung Pak Jokowi juga, ketum untuk penugasan. Sifatnya penugasan. Kalau you tanya apakah PDIP ada kader? Banyak. Artinya apa, mereka-mereka ini kan harus sudah memahami, sudah punya pengalaman di dalam tata kelola pemerintahan," ujar Djarot.

Djarot pun menyebutkan nama-nama yang dimaksud. Di antaranya adalah Ganjar Pranowo. Nama lain yang juga disebut ialah Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dan Wakil Ketua MPR Fraksi PDIP Ahmad Basarah.

"Kita banyak stok ada Pak Ganjar, ada Pak Olly, (Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey)sebagai gubernur. Jadi kita banyak stok yang baik-baik lagi belum lagi kepala daerah kita yang di kabupaten/kota maupun provinsi dan sebagainya," urainya.

"Siapa pun penggantinya, bagi kita, PDIP kan masih sedang dalam suasana berduka. Jadi kita serahkan kepada Pak Jokowi," pungkasnya.