MIND ID memiliki dan menjalankan pilar keberlanjutan dimana People (SDM) menjadi salah satu bagian yang tak terpisahkan dari strategi pengembangan inovasi sosial

BUMN Holding Industri Pertambangan, Mining Industry Indonesia (MIND ID) yang beranggotakan yang beranggotakan di antaranya PT Aneka Tambang Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT Inalum (Persero) dan PT Timah Tbk terus mendorong terciptanya kualitas sumber daya manusia (SDM) yang unggul. 

Direktur Hubungan Kelembagaan MIND ID, Dany Amrul Ichdan mengatakan perhatian kepada SDM telah menjadi komitmen perusahaan sebagai salah satu aspek keberlanjutan perusahaan. untuk menjawab kebutuhan dan tantangan global dimasa depan diperlukan SDM yang siap dan cakap.

“Perhatian kepada SDM telah menjadi komitmen perusahaan sebagai salah satu aspek keberlanjutan. MIND ID memiliki dan menjalankan pilar keberlanjutan dimana People (SDM) menjadi salah satu bagian yang tak terpisahkan dari strategi pengembangan inovasi sosial," ujar Dany dalam paparan ilmiah wisuda Universitas Andalas di Padang, Sumatera Barat pada Sabtu (16/7).

MIND ID mendapatkan tiga mandat dari pemerintah yakni: Mengelola sumber daya strategis; Melakukan hilirisasi; dan untuk Memajukan dunia pertambangan Indonesia. Untuk mewujudkannya MIND ID menetapkan Tujuan Mulia (Noble Purpose) yakni, We Explore: Natural Resources for Civilization, Prosperity and a Brighter Future (Kami mengeksplorasi: Sumber daya alam untuk Peradaban, Kesejahteraan dan Masa depan yang lebih cerah). Untuk mencapai hak tersebut Perusahaan turut bersinergi dengan pemangku kepentingan.

“Sinergi MIND ID salah satunya dengan Universitas Andalas. Perusahaan berupaya melibatkan, mengembangkan dan memberikan nilai tambah bagi stakeholder sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan.” Tambah Dany disela-sela pertemuan kunjungan dengan Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah pada Kamis (14/7). Gubernur Sumatera Barat menyambut baik inisiasi dan pelaksanaan program-program keberlanjutan MIND ID.

Dalam paparan ilmiah wisuda Universitas Andalas, Dany juga menyampaikan dorongan kepada wisudawan dan wisudawati agar dapat memberikan kontribusi yang optimal bagi perwujudan peradaban yang lebih baik, kemakmuran, dan masa depan yang lebih cerah. 

“Wisudawan harus berupaya mengembangkan kompetensi dan membentuk karakter pemimpin yang unggul seperti budaya AKHLAK BUMN.” Ujar Dany. 

“Setiap insan diharapkan dapat memegang teguh kepercayaan yang diberikan, terus belajar serta berinovasi untuk mengembangkan kapabilitas, serta berdedikasi pada negeri, menghargai perbedaan dan membangun kerjasama yang sinergis.” tandasnya.