NasDem belum mengambil keputusan terkait duet pasangan calon presiden dan calon wakil yang akan diusung.

Wakil Ketua Umum (Waketum) NasDem Ahmad Ali menyebut, usulan duet Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bukan berasal dari NasDem. Duet ini muncul lantaran hasil survei simulasi pasangan calon presiden unggul daripada pasangan lainnya.

"Apa yang ramai dibaca oleh media hari kemarin tentang pasangan Anies dan AHY itu bukan dari NasDem. Itu datang dari lembaga survei. Jadi lembaga survei yang kemudian mencoba memasangkan dan kemudian mencoba menghitung potensi-potensi setiap pasangan yang menurut mereka berpotensi memenangkan pertarungan politik," kata Ali, Rabu, 20 Juli 2022.

Sampai hari ini, menurutnya, NasDem belum mengambil keputusan terkait duet pasangan calon presiden dan calon wakil yang akan diusung.

Hasil survei memang menjadi salah satu pertimbangan untuk memilih tokoh yang bakal diusung. Tetapi bukan menjadi faktor yang dominan.

"Semua informasi tentang pemilu atau hasil lembaga survei itu menjadi salah satu pertimbangan tapi tidak menjadi faktor dominan mengambil keputusan," kata Ali dikutip merdeka.com.

Banyak faktor yang diperhitungkan NasDem sebelum memutuskan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden yang diusung. Tetapi, pasangan yang diusung adalah tokoh diyakini dapat memenangkan Pemilu 2024.

"Keinginan menang itu kita menghitung secara hati-hati, kemudian kedua bukan hanya menang, kita ingin ke depan bangsa ini lebih baik daripada hari ini tentunya. Baik buruknya bangsa ini ke depan ditentukan siapa pemimpinnya yang akan lahir di tahun 2024," pungkas Ali.