saya diberkati karena mendapat kesempatan ini

Kepala Menteri Punjab, Bhagwant Mann dilarikan ke rumah sakit setelah meminum air dari sebuah sungai suci. Insiden ini menjadi viral setelah video pejabat itu minum air kali dibagikan ke media sosial.

Mann mengalami sakit perut akut di kediamannya di Chandigarh pada Selasa (19/07) malam. Kemudian, ia langsung dibawa ke rumah sakit Indraprastha Apollo dan menjalani tes medis. Selanjutnya, Mann dilaporkan dirawat di rumah sakit di Delhi, India.

Insiden berawal pada Minggu (17/07), saat Mann diundang oleh aktivis lingkungan dan anggota parlemen, Baba Balbir Singh Seechewal, untuk berpartisipasi dalam kampanye lingkungan.

Para aktivis meluncurkan kampanye di seluruh negara bagian untuk membersihkan sungai dalam peringatan 22 tahun pembersihan Sungai Bein.



Sungai Bein merupakan sungai yang mengaliri Kota Sultanpur Lodhi, Punjab. Sungai Bein dianggap suci oleh komunitas Sikh lantaran diyakini membawa pencerahan setelah pendiri Sikhisme, Guru Nanak mandi di sungai tersebut.

Pada saat kampanye tersebut, Mann meminum air dari sungai untuk membuktikan bahwa air tersebut aman untuk dikonsumsi. Mann berkata "saya diberkati karena mendapat kesempatan ini."



Video dan foto-foto Mann minum air dari Sungai Bein dibagikan oleh partainya, Partai Aam Aadmi (AAP) dan beredar luas dan menjadi viral di media sosial setelah acara kampanye lingkungan tersebut.

Namun pada Selasa (19/07), media melaporkan Mann dilarikan ke rumah sakit dengan keluhan sakit perut. Kantor Kepala Menteri Punjab tidak mengonfirmasi bahwa Mann dirawat inap. Bahkan seorang pejabat mengklaim bahwa Mann tetap sehat dan bugar.

Kendati demikian, dilansir indian express beberapa sumber menyebutkan bahwa penyakit yang menyerang Mann terkait dengan aksinya yang meminum air secara langsung dari anak sungai Kali Bein.