Teorinya ada spesifik di kelompok tertentu yang memang penularannya relatif tinggi sama seperti HIV/Aids. Jadi sekarang kita sudah melakukan pendekatan ke organisasi-organisasi yang mengelola kelompok ini untuk bisa melakukan surveilans secara aktif

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan terdapat sembilan suspek pasien cacar monyet yang tersebar di Indonesia. Namun demikian, berdasarkan hasil tes, seluruh suspek tersebut dinyatakan negatif cacar monyet.

"Sudah ada suspeknya sekitar 9 tersebar di Indonesia. Tapi kita sudah tes di Jakarta semuanya hasilnya negatif," kata Menkes Budi Gunadi seperti dikutip dari detikcom, Selasa (26/7/22).

Budi mengatakan, memang terdapat informasi bahwa cacar monyet paling banyak dialami oleh pria yang berhubungan seks dengan sesama pria. untuk itu, pihaknya akan melakukan pengawasan dengan melakukan pendekatan terhadap organisasi tertentu.

"Itu benar, teorinya ada spesifik di kelompok tertentu yang memang penularannya relatif tinggi sama seperti HIV/Aids. Jadi sekarang kita sudah melakukan pendekatan ke organisasi-organisasi yang mengelola kelompok ini untuk bisa melakukan surveilans secara aktif," tandasnya.

Seperti diketahui, Akhir minggu lalu, cacar monyet atau monkeypox telah diumumkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai darurat kesehatan Public Health Emergency of International Concern (PHEIC).