Usai kunjungan 3 Negara, Presiden Jokowi bawa oleh-oleh investasi senilai triliunan rupiah. Diharapka. Bisa gerus kemiskinan. Jangan sebaliknya.

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menyambut baik keberhasilan Presiden Joko Widodo membawa sejumlah investasi ke Indonesia setelah melakukan lawatan ke tiga negara yaitu, Jepang, China dan Korea Selatan (Korsel).

"Saya kira itu bagus dan luas biasa, artinya dukungan bilateral itu bisa bermanfaat bagi Indonesia," kata anggota Komisi VI DPR RI Fraksi PPP Ahmad Baidowi, dikutip Sabtu (30/7/22).

Awiek, sapaan karibnya, berharap, dengan masuknya investasi tersebut dapat membuat pertumbuhan ekonomi meningkat.

“Kita berharap dengan adanya investasi ini membuat pertumbuhan ekonomi ini makin lancar maju dan mengentaskan kemiskinan,” imbuhnya .

Tak hanya itu, ia juga berharap, investasi yang masuk tersebut tidak memberatkan bangsa Indonesia ke depanya.

“Tentu investasi yang diharapkan tidak memberatkan bagi bangsa Indonesia,” pungkas Ketua DPP PPP tersebut.

Diketahui, dalam lawatan ke tiga negara yakni Korsel, Jepang dan China, Presiden Jokowi bersama rombongan berhasil membawa sejumlah investasi masuk ke Indonesia.

Pertama, komitmen China untuk menambah impor crude palm oil (CPO) sebanyak 1 juta ton dari Indonesia. China juga akan memprioritaskan impor produk pertanian dari internasional.

Saat ke Jepang, Jokowi berhasil dan sukses mendapatkan komitmen investasi senilai US$5,2 miliar atau sekitar Rp75 triliun.

Untuk Korsel, Jokowi berhasil membawa komitmen 10 investor kakap sebesar USD6,72 miliar atau setara dengan Rp100,69 triliun