Adik Nathalie Holscher dan pengasuh Adzam turut memberikan kesaksian dalam persidangan cerai dengan Sule.

Sidang perceraian antara Nathalie Holscher dan Sule masih berlanjut. Pada sidang yang diadakan di Pengadilan Agama Cikarang, pada hari Rabu (03/08/2022), adik Nathalie Holscher, Nadya Holscher, dan pengasuh Adzam turut memberikan kesaksian dalam persidangan cerai dengan Sule. 

Bahyuni, kuasa hukum Sule, yang ditemui usai persidangan mengungkapkan jika pihak Nathalie Holscher tak menyangkal bukti dari penggugat.

"Di mana sudah disampaikan oleh pihak tergugat tidak menyangkal bukti-bukti oleh pihak penggugat. Tadi sudah datang dengan membawa 2 saksi, satu Mbak Nadia sebagai adik kandung dari Nathalie dan Ibu Sri yang mengasuh Adzam. Keterangan saksi itu menyampaikan bahwa telah terjadi percekcokan," ungkap Bahyuni.

Lebih lanjut, materi apa saja yang menyebabkan Nathalie Holscher menggugat cerai tak dapat disampaikan secara gamblang, hanya terungkap jika Nathalie Holscher disebut merasa sudah tak bisa bersatu dengan Sule.

"Kesimpulannya adalah bahwa dari saksi itu tidak memungkinkan lagi untuk bersatu dalam rumah tangga. Tadi sudah disampaikan dengan saksi, kemudian majelis hakim menyatakan apakah mau menyampaikan kesimpulan secara tertulis atau lisan. Pihak kuasa penggugat menyampaikan kesimpulan secara lisan. Kesimpulannya adalah sudah memenuhi pasal 19 huruf F PP 97. Kami pun menyampaikan kesimpulan secara lisan juga. Jadi kesimpulannya adalah memang tergugat dan penggugat sudah tidak bisa lagi dalam satu rumah. Untuk kebaikan kedua belah pihak, harus diakhiri rumah tangganya," tutur Bahyuni.

Sementara itu, disinggung ada percekcokan antara Sule dengan Nathalie Holscher, Bahyuni mengatakan hal itu masuk materi perkara. Namun, dia tak memungkiri bahwa Sule dan Nathalie Holscher sering cekcok selama berumah tangga.

"Ya saya pikir kalau itu yang lebih dalam itu pokok materi perkara, tapi intinya kelihatannya memang rumah tangga itu tidak bisa dilanjutkan. Jadi kalau materi apa penyebabnya dan seterusnya itu tidak bisa, bersifat private di persidangan dalam kasus serba tertutup. Jadi tidak bisa dibuka, biarkanlah itu menjadi bagian dirinya masing-masing," papar Bahyuni.

Soal percekcokan itu, kata Bahyuni juga diperkuat dengan keterangan saksi. Namun, saksi itu dikatakan tak bisa mengungkapkan secara detail penyebab cekcok lantaran menyangkut privasi Sule.

"Ya memang percekcokan itu terjadi ya memang kembali lagi apa penyebabnya itu, tidak bisa dibuka di media dan walaupun faktanya memang Ibu Nathalie sudah tidak tinggal lagi dengan Kang Sule. Ya kalau keterangan saksi itu ada sering beberapa kali ada perselisihan, cuma kan saksi juga tidak menyampaikan penyebabnya, detailnya seperti apa, karena itu menyangkut privasi Kang Sule maupun pihak Nathalie," sambung Bahyuni.

Disisi lain, Madha Besar, kuasa hukum Nathalie Holscher, juga tidak bisa mengungkapkan soal percekcokan tersebut..

"Saksi itu kan yang melihat, mendengar, apa materinya, tidak bisa dikatakan langsung. Intinya, kembali lagi kalau keterangan saksi itu untuk menguatkan data. Untuk keputusannya tanggal 10," kata Madha Besar.