MSPS Expo 2022 mengusung topik seputar pengelolaan ruang laut dan pesisir, serta jasa kelautan, dengan tema “Menuju Ruang Laut Indonesia yang Produktif dan Berkelanjutan”

Pengutamaan pembangunan kemaritiman di Indonesia memerlukan momentum dan afirmasi pembangkitan melalui ajang-ajang yang menggugah kesadaran dan pemikiran, sesuai tuntutan dan prioritas penanganan bidang-bidang kemaritiman, serta mampu menggalang peran dan dukungan segenap stakeholders terkait.

Oleh karena itu, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi melalui Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim memprakarsai perhelatan nasional dalam bentuk Seminar dan Ekshibisi yang dikemas dalam Marine Spatial Planning & Services Expo 2022 (MSPS Expo 2022).

MSPS Expo 2022 mengusung topik seputar pengelolaan ruang laut dan pesisir, serta jasa kelautan, dengan tema “Menuju Ruang Laut Indonesia yang Produktif dan Berkelanjutan”. Serangkaian acara dan sajian menarik dalam MSPS Expo 2022 direncanakan akan berlangsung pada 13-15 September 2022, bertempat di Pullman Central Park Jakarta, Podomoro City, Jl. Letjen S. Parman, Kavling 28, Jakarta.

Sebagai bangsa maritim, sejatinya merupakan identitas atau karakter utama bagi bangsa Indonesia, karena lahir dan eksistensi negara ini tidak bisa dilepaskan dari sejarah kebesaran dan kejayaan maritim para leluhurnya, dan juga fakta geografis wilayahnya yang merupakan negara kepulauan terbesar di dunia.

Berbagai keberhasilan di bidang kemaritiman masih menjadi tantangan bersama untuk sesegera mungkin diwujudkan, baik yang dikarenakan adanya amanat peraturan perundang-undangan maupun yang didorong oleh cita-cita besar untuk menjadikan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.

Sehingga, MSPS Expo 2022 ini diselenggarakan dengan tujuan: 1) Menggali ide, gagasan dan khasanah pemikiran yang dapat digunakan sebagai alternatif atau solusi implementatif dalam perumusan kebijakan pengelolaan ruang laut, termasuk integrasi tata ruang darat dan laut; 2) Merangkul dan memberdayakan stakeholders terkait dalam mempromosikan dan mengedukasi pihak luas terkait berbagai aktivitas dan kiprah yang telah berjalan dan berkembang di dunia maritim di Indonesia maupun global; dan 3) Menggiring atensi dan dukungan khalayak luas untuk menciptakan iklim dan geliat akselerasi pengarusutamaan pembangunan maritim di Indonesia.

Seminar Nasional merupakan agenda inti dalam MSPS Expo 2022, yang akan mengangkat 9 topik esensial bidang penataan ruang laut-darat terintegrasi dan jasa kelautan, bersama Narasumber terpilih dan berkompeten, dengan segmen bahasan: 1) Geopolitis-Geostrategis-Geoekonomis Ruang Laut Indonesia; 2) Integrasi Tata Ruang Darat dan Laut; 3) Pusat Pertumbuhan Wilayah Perspektif Kemaritiman; 4) Dinamika Lingkungan dalam Penataan Ruang Laut; 5) Kesehatan Laut (Ocean Health); 6) Neraca Sumber Daya Kelautan (Ocean Account); 7) Cyber Security Kabel Bawah Laut (Laut Dalam); 8) Sistem Monitoring Kabel Bawah Laut; dan 8) Industri dan Jasa Layanan Kabel Bawah Laut.

Rangkaian acara menarik lainnya yang disertakan berupa MSPS Talkshow, yaitu bincang bersama tokoh, praktisi, pemerhati, dan figur publik di bidang kemaritiman. Selanjutnya, MSPS Class & Speech yang merupakan ajang pemaparan dan/atau presentasi publik yang mengusung materi-materi suplemen untuk kepentingan sosialisasi maupun edukasi di bidang kemaritiman. Terkait pelayanan publik di bidang penataan ruang laut, turut dihadirkan MSPS Meet Point, yaitu gerai pelayanan dan konsultasi KKPRL (Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang Laut).

Daya tarik dan semarak MSPS Expo 2022 akan lebih digelorakan melalui MSPS Display, yaitu keberadaan stand-stand pameran dengan kepesertaan dari kalangan swasta/perusahaan, instansi/lembaga, dan organisasi lainnya di bidang kemaritiman.

Disamping itu, MSPS Show yang akan menyajikan pertunjukan dan hiburan bernuansa maritim pada pembukaan dan di sela-sela rangkaian acara diharapkan mampu meningkatkan atensi dan kepuasan pengunjung.

“Karena itu, secara terbuka Kami mengundang berbagai pihak untuk dapat hadir dan berpartisipasi dalam MSPS Expo 2022 ini. Mari bersama-sama kita sukseskan MSPS Expo 2022, bersama-sama pula kita jayakan kembali Maritim Indonesia,” ungkap Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim, Jodi Mahardi.