Secara keseluruhan pasar masih belum mampu bangkit sepenuhnya seperti pekan lalu di mana terjadi lonjakan harga yang signifikan.

Sejumlah aset kripto, terutama yang berkapitalisasi besar atau big cap melaju tipis ke zona hijau pada perdagangan Jumat (5/8/2022) siang. 

Misalnya saja, dari pantauan Coinmarketcap, nilai Bitcoin berada di harga USD 23.141 sekitar Rp 344,9 juta atau naik 0,09 persen dalam 24 jam terakhir. 

Sedangkan untuk altcoin lainnya, Ethereum (ETH) ikut naik 0,14 persen ke USD 1.656. Binance Coin (BNB), solana (SOL) dan XRP bisa naik lebih dari 1 persen.

Trader Tokocrypto, Afid Sugiono mengatakan, gerak pasar masih sideways dan belum mampu melaju optimis untuk kenaikan harga, seperti pada pekan lalu. Pelemahan pasar kripto ini sudah bisa ditebak, karena reli yang terjadi beberapa hari ini didorong oleh technical rebound.

"Pelemahan dan kenaikan tipis ini sudah diprediksi sebelumnya, karena adanya technical rebound di mana investor mulai lelah melakukan aksi jual dan kembali melancarkan aksi beli. Namun, ini akan terus berulang untuk menjaga level support tidak dapat ditembus, dan masih sulit untuk menerobos resistensinya," kata Afid, dalam keterangan tertulis, Jumat (5/8/2022).

Di sisi lain, menurut Afid kenaikan harga ini juga semu lantaran tak disertai volume trading yang sepadan. Oleh karenanya, tak heran jika penguatan harga aset kripto diproyeksi hanya berada di rentang yang sempit dan tak bertahan lama.