"Almarhum minta dimakamkan di sini sama anaknya"

Komedian Eddy Gombloh yang berpulang di usia 81 tahun, telah dimakamkan di TPU Tegal Alur, Cengkareng, Jakarta Barat pada hari Jumat (05/08/2022), sekitar pukul 11.00 WIB, secara Kristen. Eddy Gombloh meninggal di salah satu Rumah Sakit di Yogyakarta, pada hari Kamis (04/08/2022) sekitar pukul 11.30 WIB. Pelawak senior itu meninggal dunia setelah berjuang dari sakit. 

Saat ditemui di pemakaman, Martina Lubalu, istri dari Eddy Gombloh, mengungkapkan jika sebelum menghembuskan nafas terakhir, Eddy Gombloh berwasiat untuk dimakamkan satu liang Lahat dengan anak keduanya, Yuseno Rahardjo.

"Almarhum minta dimakamkan di sini sama anaknya. Itu permintaan terakhirnya. Makanya kami dari Yogya langsung ke sini," ungkap Martina Lubalu.

Selain itu ada juga permintaan terakhir dari pelawak yang sudah banyak membintangi film komedi ini. Dikatakan bahwa mendiang sempat meminta sang buah hati yang ada di Belanda untuk pulang ke tanah air.

"Sama anak keempat beliau kan di Belanda dan beliau minta anaknya ini pulang. Pas pulang, beliau sempat buka mata. Anaknya bilang I love you, dan dibalas I love you too, terus tutup mata lagi," sambung Martina Lubalu.

Saat prosesi pemakaman,kedua keluarga dari istri pertama Eddy Gombloh dan juga istri keduanya tampak hadir. Suasana haru terlihat saat prosesi pemakaman berlangsung. Suara isak tangis terdengar dari para pelayat yang hadir.

Ayudina, putri keempat Eddy Gombloh dari pernikahan keduanya terlihat begitu berduka. Tangisnya semakin menjadi ketika peti jenazah mulai diturunkan. 

"Papa i love you. Kenapa papa tinggalkan kami?" isak Ayudina.

Eddy Gombloh meninggal dunia di usia 81 tahun, Kamis (4/8/2022). Diketahui semasa hidup, Eddy Gombloh menikah dua kali, pertama dengan Hj. Subandiah dan memiliki satu anak bernama Diah. Kemudian Eddy Gombloh menikah untuk kali kedua dengan Martina Lubalu dan memiliki empat anak, yakni Anita Lestari, Yuseno Rahardjo, Dodo, dan Ayudina.