Tentang nama-nama sudah dibahas secara mendalam

Calon Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) berasal dari kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Hal itu dikatakan Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto pada Minggu, usai acara peluncuran bukunya berjudul "Suara Kebangsaan" di Bentara Budaya, Jakarta.

"Tentang nama-nama sudah dibahas secara mendalam dan nantinya Ibu Megawati Soekarnoputri bersama dengan Bapak Presiden Jokowi setelah 40 hari wafatnya Pak Tjahjo, akan menyampaikan siapa pengganti beliau," kata Hasto.

Menurut dia, Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati dan Presiden Joko Widodo telah beberapa kali bertemu.

Dikatakan pula bahwa secara khusus sudah disampaikan beberapa nama, kemudian ada finalisasi dari beberapa nama itu. "Yang jelas itu berasal dari kader PDI Perjuangan," kata Hasto.

Hingga saat ini belum ada pejabat definitif sebagai Menteri PAN-RB setelah wafatnya Tjahjo Kumolo pada tanggal 1 Juli 2022.

Tjahjo merupakan salah satu kader PDI Perjuangan yang menduduki kabinet pemerintahan saat ini.

Namun, lanjut dia, soal pengisian jabatan Menpan RB sebaiknya tak perlu dipersoalkan sekarang karena yang penting pemerintah (Kementerian PAN-RB) tetap berjalan dengan baik.

"Kan sudah ada menteri ad interim, yaitu Pak Tito Karnavian (Menteri Dalam Negeri, red.)," ujar Hasto dalam kesempatan sebelumnya.